Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Faktor yang Bikin Beton Pracetak Jadi Primadona Konstruksi

Kompas.com - 10/03/2022, 22:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM - Beton pracetak (precest concrete) merupakan beton yang diproduksi oleh pabrik dengan menggunakan cetakan bentuk tertentu.

Saat beton sudah sepenuhnya mengeras dan siap untuk digunakan, beton tersebut dikirim ke lokasi konstruksi untuk digunakan.

Karena banyak manfaatnya, dinding beton pracetak saat ini jadi primadona dalam proses konstruksi.

Salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh orang ketika memilih beton pracetak adalah karena memiliki kualitas yang lebih baik.

Baca juga: Beton Pracetak untuk Pusat Karantina Pulau Galang Mulai Dikirim

Dalam proses pembuatannya, dinding beton ini dikontrol dengan ketat agar sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Karena itu, tidak heran bila kualitas dinding beton pracetak memiliki akurasi tinnggi dan tidak tergantung pada cuaca dalam proses pengeringannya.

Keunggulan selanjutnya adalah memiliki sifat insulasi yang baik. Dinding beton pracetak terbuat dari kombinasi beton dan busa expanded polysterene (EPS).

Ketika semua elemen panel beton pracetak diatur dengan baik, mereka memberikan tingkat insulasi yang tinggi. Sehingga mengurangi konsumsi energi bangunan sebesar 30 persen.

Jenis dinding beton ini mampu menyerap panas matahari selama bagian terhangat di siang hari, yang kemudian dilepaskan pada malam hari.

Alasan berikutnya yang wajib Anda pertimbangkan bila ingin memilih beton pracetak adalah proses pemasangannya yang cepat.

Baca juga: Beton Pracetak, Masa Depan Industri Konstruksi

Kecepatan adalah aspek yang sangat penting terutama dalam konstruksi proyek-proyek besar. Dengan beton pracetak, para kontraktor dapat menghemat banyak sebab panel beton siap dipasang ketika sampai di lokasi kerja.

Beton pracetak juga memiliki keunggulan sebagai penahan api yang efektif. Karena itulah, beton ini kerap digunakan di gudang sebagai pembatas untuk melindungi barang dari kebakaran.

Saat terjadi kebakaran, beton ini diklaim dapat menahan serangan api kurang lebih dua hingga empat jam. Beton pracetak ini juga tetap utuh meskipun diberikan bahan kimia yang bersifat panas.

Tak hanya itu, dinding beton pracetak juga bisa membantu memperlancar koneksi sinyal wi-fi antar ruang. Karena itu, material ini telah banyak digunakan untuk konstruksi sekolah, perguruan tinggi, kantor.

Beton jenis ini juga dapat Anda gunakan dalam konstruksi rumah tinggal Anda. Konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor pembangunan rumah, agar bisa mendapatkan beton pracetak terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com