Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Bakal Punya Gedung Tertinggi Kedua di Dunia, Menjulang 644 Meter

Kompas.com - 01/10/2021, 10:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gedung pencakar langit tertinggi di Malaysia, PNB 118 Merdeka diperkirakan akan segera rampung dalam waktu dekat.

Gedung yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia, didesain dengan ketinggian 644 meter. Ini artinya, struktur tersebut masuk dalam kategori megatall alias bangunan dengan ketinggian lebih dari setengah kilometer.

Berdasarkan deskripsi dari akun YouTube Styfly Studior, yakni Styfly Malaysia, proses konstruksi gedung ini telah mencapai 630 meter.

Baca juga: Inilah Pemilik Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia

“Video ini diambil pada bulan September 2021. Kini, PNB 118 Merdeka sudah memiliki ketinggian 630 meter dan tingga 14 meter tersisa,” tulis mereka.

PNB 118 mencakup 118 lantai yang terdiri dari residensial, teater, pusat perbelanjaan, dan ruang publik umum. Selain itu, bangunan megah ini juga dilengkapi perkantoran, hotel, atrium, restoran, dan dek observasi.

PNB merupakan singkatan dari Permodalan Nasional Berhad (PNB), perusahaan pengelola dana terbesar di negeri jiran ini.

Konstruksi PNB 118 telah dimulai sejak Tahun 2014. Karena itu, bila dihitung mundur, proses pengerjaanya telah memakan waktu 7 tahun.

Baca juga: Sebentar Lagi, Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia Rampung

Untuk mendukung bangunan, para insinyur harus sangat berhati-hati dengan memperhatikan struktur pondasi.

Karena itu, digunakan 137 tiang pancang beton bertulang, di mana setiap tiang pancang memiliki diameter 2,2 meter dan panjang 60 meter.

Demi memaksimalkan jumlah ruang di lantai teratas yang seringkali meruncing, dipasanglah dinding beton bertulang setebal 1,7 meter.

Sistem struktural ini memungkinkan sang Arsitek, Fender Katsalidis, untuk menjaga lantai agar tata letaknya tak berubah dan sangat efisien dijadikan ruang komersial maupun hotel.

Dikutip dari The Tower Info, 60 dari 80 lantai lantai perkantoran di PNB 118 ini akan dicadangkan untuk dijadikan sebagai markas PNB.

Di dalam gedung juga akan memiliki kamar hotel yang akan dioperasikan oleh Park Hyatt. Selain gedung nan-megah, pengelola juga menyediakan tempat parkir di basement yang bisa menampung hingga 5.000 mobil.

Jika PNB 118 rampung tahun depan, maka akan menggeser posisi Petronas Tower sebagai gedung tertinggi di Malaysia yang menjulang 451,9 meter.

Tak hanya itu, di kancah Asia Tenggara pun, PNB 118 bakal menjadi yang terjangkung dengan menjungkalkan rekor Vincom Landmark 81 di Ho Chi Minh, Vietnam, dengan ukuran 461,2 meter.

Dan spektakulernya lagi, bakal merebut tahbis pencakar langit tertinggi kedua di dunia dari Shanghai Tower yang mengangkasa 632 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com