Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Lagi, Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia Rampung

Kompas.com - 16/08/2021, 14:00 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebentar lagi, pembangunan pencakar langit tertinggi di Indonesia, Autograph Tower yang menjadi bagian dari kompleks pengembangan Thamrin Nine, rampung.

PT Putragaya Wahana tengah mengerjakan tahap akhir dari gedung yang dirancang dengan ketinggian 382,9 meter tersebut.

Thamrin Nine mencakup enam gedung dengan fungsi beragam, mulai dari perkantoran, apartemen, apartemen servis, hotel, hingga area ritel komersial.

Direktur PT Putragaya Wahana Nevins Lie memaparkan, tak hanya di Indonesia, Autograph Tower juga merupakan gedung tertinggi belahan bumi bagian selatan.

Baca juga: Peringkat Terbaru 15 Pencakar Langit Tertinggi Dunia, China Mendominasi

"Kehadiran Kompleks Thamrin Nine sebagai ikon baru Kota Jakarta yang terletak dekat Bundaran HI ini diharapkan dapat menjadi suatu kebanggaan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Nevins dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Lokasinya strategis dan dikelilingi pusat transportasi publik, seperti halte Transjakarta, yang terkoneksi langsung ke MRT, dan Commuter Line memberikan berbagai kemudahan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta melalui Stasiun BNI City.

“Gedung ini telah tersertifikasi BCA Green Mark Platinum dan mengedepankan berbagai fitur ramah lingkungan yang tidak hanya baik bagi lingkungan, tapi juga memberikan efisiensi optimal bagi para penggunanya," tutur Nevins.

Fitur-fitur ramah lingkungan tersebut meliputi banyaknya area terbuka hijau, vertical garden yang luas, pengolahan air dan limbah, parkir sepeda, serta desain dan fitur arsitektur yang dibuat sedemikian rupa untuk menjaga suhu internal dan menghemat energi.

Dia menambahkan, Thamrin Nine dirancang dengan mengutamakan kualitas dari segi desain arsitektur, interior, serta lansekap yang dibuat oleh konsultan-konsultan terkemuka di dunia.

Begitu juga pemilihan finishing berkualitas tinggi dan fasilitas yang akan dihadirkan, semuanya dilakukan untuk memperkaya kawasan CBD Jakarta.

“Melalui pengembangan kawasan Thamrin Nine, kami berupaya keras mewujudkan mimpi mengantarkan citra ibu kota Indonesia sebagai kota metropolitan terkemuka di dunia,” tuntas Nevins.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com