Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2024, 10:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tanaman hias menjadi salah satu item dekorasi favorit di dalam ruangan. Tanaman hias dapat mempercantik ruangan dan memberikan kesegaran. 

Whitney Bromberg Hawking, salah satu pendiri dan CEO Flowerbx, mengatakan tanaman hias adalah cara bagus memperbarui interior tanpa harus mendesain ulang secara keseluruhan. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Aman untuk Hewan Peliharaan

Lebih dari sekadar tanaman hijau, tanaman hias dapat menghadirkan warna, tekstur, dan pola yang kaya di sebuah ruangan. 

Namun, tidak semua jenis tanaman dapat diletakkan di dalam ruangan. Untuk mendekorasi ruangan dan mempercantik, sebaiknya menggunakan tanaman hias yang memiliki penampilan indah, bentuk  menarik, atau warna yang cerah. 

Dilansir dari Living Etc, Rabu (10/4/2024), berikut sejumlah tanaman hias yang dapat mempercantik ruangan menurut desainer interior. 

Pakis

Ilustrasi tanaman pakis tanduk rusa. SHUTTERSTOCK/GALEH NUR WIHANTARA Ilustrasi tanaman pakis tanduk rusa.
Kelompok tanaman pakis dapat menambahkan sentuhan sempurna dari kelembutan hijau ke ruangan mana pun di rumah. 

Joanna Buchanan, desainer gaya hidup dan rumah, setuju bahwa pakis cocok diletakkan di dalam ruanga. Pakis sangat subur dan berwarna hijau yang  cerah.

Tekstur dan volume yang diberikan pakis sungguh mengagumkan. "Saya menikmati pagi hari dengan membuat pot, menyiram tanaman pakis, membalikkannya, dan merawatnya," ucap Bushanan. 

Baca juga: Catat, Ini 8 Tanaman Hias Beracun yang Banyak Ditanam di Rumah

Pohon lemon 

Selanjutnya, tanaman hias yang dapat mempercantik ruangan adalah pohon lemon. Pohon dalam ruangan adalah tren desain yang terus berlanjut.

Membawa pohon lemon ke dalam rumah tidak hanya menambahkan fitur desain yang indah, tapi juga membawa Anda langsung ke Mediterania dengan setiap aroma jeruknya.

Pakar gaya hidup, Kelli Delaney, mengatakan memiliki pohon lemon di ruang makan. "Saya menyukai pohon lemon karena bunganya yang harum dan menggunakannya untuk memasak," kata Delaney. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Anggrek 

Ilustrasi tanaman anggrek.Shutterstock/AdaCo Ilustrasi tanaman anggrek.
Anggrek adalah salah satu tanaman hias paling populer dengan alasan bagus. Dengan berbagai warna dan penampilan, bunga-bunga ini menambahkan sentuhan elegan pada ruangan mana pun selama Anda merawatnya dengan benar.

Artem Kropovinsky, desainer interior dari Arsight, mengatakan keindahan anggrek adalah dengan mekarnya bunga-bunga yang lembut, yang menawarkan keanggunan dan percikan warna pada ruangan. Bunga anggrek juga tahan lama.

Anggrek juga menjadi bunga favorit desainer lanskap, Katherine Aul Cervoni. "Untuk bunga elegan dalam berbagai warna dan ukuran yang mekar selama berminggu-minggu, Anda tidak bisa mengalahkan anggrek," imbuh Cervoni. 

Ara daun biola 

Tanaman hias yang dapat mempercantik ruangan adalah ara daun biola. Lina Cowley, Editor Senior Trimmed Roots, menjelaskan jika menginginkan suasana tropis dan eksotis, ara daun biola wajib Anda miliki. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com