Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang dapat Menyerap Kelembapan di Kamar Mandi

Kompas.com - 21/01/2024, 16:12 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan ruangan di dalam rumah yang paling lembap. Kelembapan tinggi membuat kamar mandi berisiko ditumbuhi jamur dan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan.

Kelembapan di kamar mandi ternyata bisa dikurangi. Salah satu caranya yaitu dengan meletakkan tanaman hias yang dapat menyerap kelembapan di kamar mandi.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Dapat Menyerap Kelembapan di Dalam Rumah

Petar Ivanov, pakar tanaman di Fantastic Gardener mengatakan bahwa meletakkan tanaman penyerap kelembapan seperti pakis bisa mengurangi kelembapan di kamar mandi.

Namun, Peter juga mengingatkan untuk menjaga keseimbangan penyiraman dan memastikan penyiraman tanaman tidak terlalu jenuh. Selain itu, pastikan juga ventilasi udara berfungsi dengan baik untuk mencegah kelembapan berlebih di kamar mandi.

Dikutip dari Ideal Home, Minggu (21/1/2024), berikut ini beberapa tanaman hias yang dapat menyerap kelembapan di kamar mandi.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Menyerap Kelembapan di Rumah

Tanaman laba-laba

Ilustrasi tanaman lili paris atau tanaman laba-laba alias spider plant. SHUTTERSTOCK/IZZ HAZEL Ilustrasi tanaman lili paris atau tanaman laba-laba alias spider plant.

Jenis tanaman pertama yang bisa diletakkan di kamar mandi untuk menyerap kelembapan yaitu tanaman laba-laba.

Dinamakan tanaman laba-laba karena daunnya panjang, melengkung, dan semua tumbuh dari bagian tengah, sehingga menyerupai kaki laba-laba.

Steve Chilton, pakar taman di Leisure Bench mengatakan selain menyerap kelembapan, tanaman laba-laba juga bisa meningkatkan kualitas udara dan toleran terhadap kelembapan tinggi.

Baca juga: Simak, Manfaat Meletakkan Tanaman Laba-laba di Meja Kerja

Pakis Boston

Tanaman hias yang dapat menyerap kelembapan di kamar mandi lainnya yaitu pakis Boston. Petar menyebutkan bahwa pakis Boston bisa mengurangi kelembapan secara signifikan.

Selain itu, tanaman tropis ini terlihat indah dan anggun, sehingga bisa meningkatkan daya tarik visual di dalam kamar mandi.

Lidah buaya

Lidah buaya juga termasuk tanaman hias yang bisa menyerap kelembapan berlebih di kamar mandi. Selain menyerap kelembapan, lidah buaya termasuk tanaman hebal yang baik untuk kesehatan.

Tak hanya itu, bentuk dan warna lidah buaya yang mencolok juga membuat kamar mandi terlihat lebih cantik dan menarik.

Baca juga: 7 Penyebab Tanaman Lidah Buaya Menguning

Peace lily

Ilustrasi tanaman peace lily.Shutterstock/FajarFritz Ilustrasi tanaman peace lily.

Peace lily merupakan bunga berwarna putih yang indah dan menawan. Bunga ini bisa meningkatkan kualitas udara dan mengurangi tingkat kelembapan karena daun bunga lily ini bisa menyerap kelembapan.

Menempatkan peace lily di dalam kamar mandi bisa membuat ruangan lebih sehat dan menyenangkan. Tampilan peace lily yang menarik juga membuat kamar mandi lebih cantik.

Tillandsia

Terakhir, tanaman hias yang dapat menyerap kelembapan di kamar mandi yaitu tillandsia. Tanaman ini bisa tumbuh subur di kamar mandi dibandingkan ruangan lain di dalam rumah.

Tanaman tillandsia bisa menyerap udara melalui daunnya. Tanaman ini bisa digantung di kamar mandi yang membuat ruangan ini terlihat semakin cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com