Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Jendela Menghadap ke Barat

Kompas.com - 02/01/2024, 16:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kali membeli tanaman hias baru, tanaman tersebut dilengkapi dengan label perawatan yang direkomendasikan dan persyaratan lingkungan.

Salah satu panduan ini menjelaskan seberapa banyak dan jenis sinar matahari yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh subur di rumah barunya. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Membersihkan Udara di Dalam Ruangan

Kebutuhan lingkungan tanaman hias akan membantu Anda menentukan lokasi terbaik di rumah untuk menempatkan dan memajang tanaman baru. 

Lokasi di rumah yang sering diletakkan tanaman hias adalah jendela yang menghadap ke barat. Lokasi ini memberikan sinar matahari langsung dari sedang hingga tinggi.

Jendela menghadap ke barat lebih cocok untuk tanaman yang tahan terhadap suhu lebih panas dan sinar matahari lebih intens.

Nah, berikut tanaman hias yang tumbuh subur di jendela menghadap ke barat dikutip dari Petal Republic, Selasa (2/1/2023). 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Terbaik untuk Pemula yang Mudah Tumbuh

String of pearls 

Ilustrasi tanaman hias string of pearls.Shutterstock/DimaBerlin Ilustrasi tanaman hias string of pearls.
String of pearls adalah tanaman merambat yang berasal dari Afrika barat daya. Masing-masing sulurnya memiliki ruas daun yang kecil, bulat, berbentuk manik-manik atau seperti untaian mutiara. Inilah yang membuat tanaman ini mendapatkannya namanya. 

Tanaman string of pearls membutuhkan sinar matahari antara enam dan delapan jam setiap hari. Selama musim dingin, saat cuaca lebih dingin, tanaman hias ini tumbuh subur di jendela yang menghadap ke barat.

Pada musim panas, jendela yang menghadap ke barat bisa menjadi terlalu panas dan tanaman dapat dipindahkan dari jendela atau ke jendela yang menghadap ke timur dengan intensitas sinar matahari pagi yang tidak terlalu menyengat. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Paling Populer dan Banyak Ditanam

Tanaman mint 

Selanjutnya, tanaman hias yang tumbuh subur di jendela menghadap ke barat adalah tanaman mint. Genus Mentha berisi hampir 25 spesies tanaman mint.

Meski dapat tumbuh subur di tempat teduh parsial, tanaman mint tumbuh paling cepat jika terkena sinar matahari penuh, seperti yang diberikan jendela yang menghadap ke barat.

Walau menyukai sinar matahari, sedikit perlindungan dari panasnya sinar matahari sore langsung selama musim panas dapat melindungi tanaman mint dari panas terik.

Selain itu, pastikan tanah tanaman mint tetap bagus dan lembap setiap saat. Jika tidak, tanaman akan mengering. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Dapur

Tanaman giok 

Ilustrasi tanaman giok.Shutterstock/Marina Kaiser Ilustrasi tanaman giok.
Selain membawa keberuntungan, tanaman giok juga mudah ditanam. Dengan perawatan  tepat, tanaman giok bisa berumur panjang dan tahan terhadap hama dan penyakit.

Faktanya, tanaman giok sering kali diturunkan dari generasi ke generasi dalam satu keluarga. Tanaman hias ini membutuhkan tanah yang memiliki drainase baik dan sinar matahari penuh antara empat hingga enam jam setiap hari untuk tumbuh subur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com