Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Dapat Meredakan Stres di Rumah dan Ruang Kerja

Kompas.com - 20/11/2023, 07:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Stres adalah hal yang dpernah dialami semua orang dari waktu ke waktu, baik di rumah maupun tempat kerja.

Stres terkadang juga membuat kita merasa perlu melarikan diri. Namun, menghilangkan stres tidak perlu memesan liburan dulu. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Zen Garden di Dalam Rumah

Ada solusi murah dan efektif mengatasi stres, yakni menanam dan merawat tanaman hias. Tak heran, jika desain biofilik menjadi tren terbesar saat ini yang membawa kita lebih dekat dengan alam dan meningkatkan kesejahteraan.

Penulis dan konsultan Inggris pemenang penghargaan yang berspesialisasi dalam meditasi dan kesehatan, Emma Mills, mengatakan bahwa kesejahteraan juga berhubungan dan alam.

Tanaman hias bisa menciptakan tempat perlindungan hijau, yang membantu menciptakan rasa tenang dan meningkatkan suasana hati secara positif.

"Dengan membawa alam bebas ke dalam rumah dan memperkaya dengan tanaman hias, hal ini mengingatkan kita akan cara hidup yang sederhana dan alami serta sangat membantu mengurangi stres," ucapnya. 

Nah, dikutip dari The Joy of Plant, Senin (20/11/2023), berikut lima tanaman hias yang dapat meredakan stres.  

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Terlihat Mirip Hewan, Bisa Ditanam di Rumah

Monstera 

Ilustrasi tanaman.hias monstera. SHUTTERSTOCK/SOZINA KSENIIA Ilustrasi tanaman.hias monstera.
Daun tanaman monstera atau janda bolong menarik perhatian sekaligus membuat pernyataan di rumah. Dengan suntikan warna hijau yang berani, tanaman hias ini dapat membantu menyeimbangkan energi di rumah dan meningkatkan suasana hati, terlebih di ruangan dengan sedikit cahaya alami dan ventilasi yang buruk.

Letakkan tanaman hias monstera deliciosa di tempat terang, cahaya tidak langsung, dan siram secukupnya agar tumbuh subur dan merasakan kegembiraan yang dapat diberikannya kepada Anda. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Ruang Keluarga

Devil's ivy (Scindapsus) 

Selanjutnya, tanaman hias yang dapat meredakan stres adalah devil's ivy. Tanaman ini tidak hanya terkenal karena membawa keberuntungan dan nasib baik bagi pemiliknya, tetapi juga rasa damai berkat daunnya yang mengalir, licin, dan berbentuk hati.

Hal ini menjadikan devil's ivy tambahan sempurna untuk rumah atau ruang kerja. Letakkan tanaman hias ini jauh dari sinar matahari langsung atau angin dan jaga agar tetap bahagia dengan menyiramnya dengan semprotan air.

Dedaunannya yang bermotif indah dan beraneka ragam menginspirasi kreativitas kita, membuat kita kagum pada alam. 

Baca juga: 6 Ide Meletakkan Tanaman Hias di Rumah, Bikin Udara Bersih

Pakis asparagus 

Ilustrasi tanaman hias pakis asparagus. Shutterstock/Bintoen Ilustrasi tanaman hias pakis asparagus.
Bulu-bulu hijau yang halus dari pakis asparagus membuat tanaman hias ini menjadi pilihan yang lembut dan elegan. Pakis asparagus juga membawa rasa tenang pada hari-hari tersibuk, membuktikan tambahan yang menenangkan dan nyaman untuk ruang apa pun.

Terkenal kuat dan mudah dirawat, tanaman pakis asparagus lebih menyukai tempat dengan banyak cahaya matahari, tetapi tidak terkena sinar matahari langsung.

Untuk menambah kehijauan, berikan pupuk pada pakis asparagus setiap minggu dari bulan Mei hingga September.  

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berwarna Hijau Limau yang Dapat Mempercantik Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com