Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bunga yang Warnanya Pink, Cocok Menjadi Tanaman Hias di Rumah

Kompas.com - 05/11/2023, 12:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Pro Flower

JAKARTA, KOMPAS.comBunga berwarna pink selalu menarik untuk ditanam karena warnanya cantik, sehingga membuat taman depan rumah lebih segar.

Bunga-bunga tersebut sering ditanam di taman rumah, baik langsung di lahan maupun di dalam pot. Selain warnanya yang cerah, biasanya bunga juga mengeluarkan aroma harum yang semerbak.

Taman rumah akan terlihat lebih cantik, asri, dan menarik. Lantas, apa saja jenis bunga yang warnanya pink? Dilansir dari Pro Flower, Minggu (5/11/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 6 Bunga Berwarna Pink yang Paling Populer dan Bisa Ditanam di Rumah

Azalea

Ilustrasi tanaman bunga azalea.Shutterstock/PatGallery Ilustrasi tanaman bunga azalea.

Bunga azalea merupakan salah satu bunga berwarna merah yang memberikan kesan feminis. Azalea merupakan tanaman semak yang juga sering digunakan sebagai pembatas.

Tanaman azalea tidak membutuhkan penyinaran matahari penuh, sehingga bisa ditanam di area yang teduh. Namun, tanaman ini tetap membutuhkan tanah berdrainase baik.

Begonia

Selain azalea, begonia juga termasuk bunga pink yang banyak disukai. Bunga ini juga bisa ditanam di daerah teduh karena begonia bisa tumbuh dengan penyinaran sebagian.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cantik dan Dapat Dirawat di Rumah

Sementara itu, tanah atau media tanam yang digunakan untuk menanam begonia harus berdrainase baik. Apabila dirawat dengan maksimal, bunga begonia akan tumbuh dan berbunga dengan cantik.

Calla lily

Meskipun bernama calla lily, namun bunga ini bukan bunga lili. Calla adalah genus dari 28 spesies yang berasal dari Afrika.

Tanaman ini tumbuh cukup tinggi dan benang sarinya terlihat khas. Berbeda dengan dua jenis bunga lainnya yang tidak membutuhkan penyinaran penuh, calla lily justru memerlukan penyinaran penuh.

Untuk menunjang pertumbuhan tanaman ini, tanah atau media tanamnya harus berdrainase baik dan gembur.

Baca juga: Tren Tanaman Terbaru, Sukulen Pink Ini Cantik dan Mudah Dirawat

Anyelir

Bunga anyelir juga termasuk jenis bunga yang berwarna pink.Tanaman ini bisa tumbuh di area yang berdrainase baik dan tidak mendapatkan penyinaran matahari terlalu terik.

Tanaman ini memiliki kelopak yang cantik dengan warna pink yang cerah. Selain warna pink, ada juga anyelir yang berwarna ungu, merah, putih, oranye, hijau, dan biru.

Sakura

Ilustrasi bunga krisan. PIXABAY/DIMITRIS VETSIKAS Ilustrasi bunga krisan.

Berbicara tentang bunga pink, tak lengkap rasanya jika tidak mengulas tentang bunga sakura. Bunga yang banyak dijumpai di Jepang ini memiliki bentuk dan warna yang cantik.

Baca juga: 6 Fakta Unik Bunga Sakura yang Tidak Dapat Mekar Lama

Bunga ini memiliki tajuk yang tinggi, sehingga cocok ditanam di halaman yang luas atau di pinggir jalan. Tanaman ini memerlukan sinar matahari penuh dengan tanah berdrainase baik.

Krisan

Bunga pink lainnya yang bisa ditanam sebagai tanaman hias yaitu krisan. Bunga ini berasal dari Tiongkok dengan spesies yang cukup banyak.

Tanaman ini membutuhkan drainase yang baik agar bisa tumbuh dengan maksimal. Biasanya, krisan ditanam di dataran tinggi dengan udara cukup dingin.

Itulah beberapa bunga berwarna pink yang bisa ditanam di rumah. Selain cantik, bunga tersebut bisa membuat suasana rumah lebih teduh dan asri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com