Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2023, 19:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comBunga pukul sembilan merupakan salah satu jenis bunga yang banyak ditanam di halaman rumah.

Disebut sebagai bunga pukul sembilan karena bunga ini hanya akan mekar pada pukul 9 sampai 10 pagi.

Tanaman hias ini memiliki kelopak bunga yang cantik dengan warna kuning, jingga, merah, merah jambu, putih, hingga krem. Warna yang beragam membuat banyak orang tertarik menanam bunga ini.

Selain bentuknya yang cantik, cara menanam bunga pukul sembilan juga tidak sulit. Dilansir dari India Gardening, Sabtu (4/11/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Bunga Pukul Sembilan, Punya Mitos Unik dan Tahan Panas

Syarat tumbuh bunga pukul sembilan

Sebelum menanam bunga pukul sembilan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang dibutuhkan tanaman ini. Berikut ini syarat tumbuh bunga pukul sembilan yang perlu diperhatikan.

Bunga pukul sembilanShutterstock/Surya Jony Bunga pukul sembilan

  • Iklim

Tanaman pukul sembilan membutuhkan penyinaran matahari minimal 5 sampai 6 jam per hari. Semakin banyak cahaya yang didapat, maka pertumbuhannya semakin maksimal.

Selain itu, tanaman ini juga menyukai suhu antara 20 sampai 30 derajat Celcius dengan lingkungan hangat dan kering.

  • Tanah

Tanaman ini juga membutuhkan tanah subur dan berpori. Anda bisa menggunakan media tanam dari campuran sabut kelapa, tanah, pasir, dan kompos.

  • Pengairan

Tanaman pukul sembilan termasuk tanaman yang tahan kering. Namun, bunga ini tetap perlu pengairan agar bisa tumbuh dengan maksimal. Akan tetapi, penyiraman tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan tanaman terserang jamur patogen.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Pukul Empat

  • Pupuk

Pemberian nutrisi akan yang tepat akan membuat tanaman tumbuh dengan maksimal. Anda bisa memberikan pupuk organik setiap 3 hingga 4 minggu sekali.

  • Tempat menanam

Bunga pukul sembilan bisa ditanam dalam wadah berupa pot atau polybag. Namun, pastikan wadah tersebut sudah memiliki lubang drainase di bagian bawah agar air penyiraman tidak menggenang.

Cara menanam bunga pukul sembilan

Penanaman bunga pukul sembilan bisa dilakukan melalui biji atau stek batang. Kedua cara penanaman ini relatif mudah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Ilustrasi bunga pukul sembilanShutterstock/tran van lam Ilustrasi bunga pukul sembilan

  • Penanaman dari biji

Biji atau benih bunga pukul sembilan bisa dibeli di toko pertanian. Pastikan benih bersih dan sehat. Kemudian, taburkan benih di atas media tanam.

Baca juga: Tips Menanam dan Manfaat Bunga Pukul Sembilan

Lalu, siram dengan air dan tempatkan pot berisi benih di area yang terang, namun tidak terkena sinar matahari langsung. Benih akan berkecambah setelah 10 hingga 14 hari.

  • Penanaman dari stek

Selain menanam menggunakan biji, Anda juga bisa menanam bunga pukul sembilan menggunakan stek batang. Caranya cukup potong batang tanaman induk kurang lebih 5 cm.

Kemudian, buang semua daun di batang tersebut. Lalu, tanam pada media tanam yang sudah disiapkan.

Siram stek batang bunga pukul sembilan dan letakkan bibit di area terang, namun tidak terkena sinar matahari langsung. Stek bunga pukul sembilan akan berakar setelah 10 sampai 14 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com