Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Manfaat dan Cara Menanam Bunga Telang di Pot

Kompas.com - 28/08/2023, 23:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga telang adalah jenis tanaman merambat yang kini banyak ditanam di halaman rumah. Tanaman ini memiliki bunga berwarna biru terang, putih, pink, dan ungu. Namun, jenis bunga telang yang dibudidayakan biasanya berwarna ungu.

Selain memiliki penampilan yang cantik, bunga telang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman ini, biasanya bunga telang diolah menjadi minuman segar seperti teh bunga telang.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian Indonesia, Senin (28/8/2023), berikut ini manfaat dan cara menanam bunga telang dengan mudah.

Baca juga: Tips Membuat Bunga Telang Rajin Berbunga

Manfaat bunga telang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bunga telang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain;

Bunga telangShutterstock/Afi Hermatova Bunga telang

1. Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi teh bunga telang diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam bunga telang bisa meningkatkan efek kerja hormon pembakar lemak. Dengan demikian, metabolisme tubuh meningkat dan pembakaran kalori lebih besar.

2. Mencegah penuaan dini dan menyehatkan kulit

Bunga telang juga mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah penuaan dini dan memperlambat kerutan di kulit. Senyawa antioksidan ini juga berfungsi menangkal radikal bebas.

Selain itu, bunga telang juga bersifat anti inflamasi dan antibakteri yang baik untuk kesehatan kulit. Kedua senyawa tersebut juga bisa mencegah peradangan dan melawan bakteri penyebab radang, serta meratakan warna kulit.

Baca juga: 8 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

3. Memelihara kesehatan mata

Kandungan antioksidan dalam bunga telang juga bisa membantu melancarkan aliran darah menuju kapiler mata. Hal inilah yang membuat bunga telang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com