Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 20/08/2022, 11:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman kini menjadi kegiatan baru yang disenangi banyak orang. Beragam tanaman bisa dipilih, mulai dari tanaman hias daun, herbal, hingga bunga.

Cara merawatnya pun beragam, ada yang langsung membeli tanaman yang sudah tumbuh, atau menanam dari bibitnya. Salah satu tanaman bunga yang menarik perhatian adalah bunga telang.

Banyak orang tertarik untuk menanam bunga telang karena manfaatnya untuk kesehatan. Manfaat bunga telang antara lain dapat memperlancar air seni, dan meningkatkan daya ingat.

Baca juga: Cara Merawat Bunga Telang agar Cepat Berbunga

Ilustrasi bunga telang. SHUTTERSTOCK/CINDRA_KRISNA Ilustrasi bunga telang.

Bunga telang juga memiliki sifat atiasma, antiradang, pereda nyeri, penurun panas, anti diabetes, mengurangi kolesterol, mengurangi peradangan sendi, antioksidan, antikanker, antihistamin, anti-depresan.

Selain itu, bunga telang juga bisa meningkatkan imun, menyembuhkan radang pada mata, kesehatan hati dan potensi berperan dalam susunan syaraf pusat, hingga menyembuhkan luka.

Bunga ini memiliki warna biru keunguan yang menarik serta berbagai manfaat dan kegunaan yang menjadi daya tariknya.

Mengutip dari kanal Youtube LTGN Let's Tell Good News yang diperbarui pada Sabtu (20/8/2022), Anda bisa menanam bunga telang ini menggunakan bibit.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Telang agar Berbunga Sepanjang Tahun

Untuk menanam bunga telang, siapkan wadah atau pot yang dimasukkan media tanam. Media tanamnya bisa terdiri dari sekam bakar atau sekam biasa, bahan organik, dan pupuk kandang. Masukkan media tanam setengah dari ketinggian pot.

Kemudian, masukkan bibit telang sebanyak empat bibit. Agar bibit masuk ke dalam media tanam, tekan sedikit dan kubur dengan media tanam. Setelahnya, siram secukupnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com