Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias Berwarna Hijau Limau yang Dapat Mempercantik Rumah

Kompas.com - 13/11/2023, 09:00 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan tanaman hias sebagai elemen dekorasi dapat meningkatkan kualitas udara dan membuat suasana lebih segar. 

Tak heran, tanaman hias menjadi salah satu elemen dekorasi alami yang populer. Apalagi, ada beberapa tanaman hias yang memiliki ciri khas dan dapat memberikan kesan unik di ruangan, seperti tanaman hias berwarna hijau limau.  

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cantik dan Dapat Dirawat di Rumah

Warna hijau limau yang cerah dapat memberikan suasana segar dan berbeda serta mempercantik rumah.

Jika tertarik menghadirkan tanaman ini di rumah, dikutip dari Homes and Gardens, Senin (13/11/2023), berikut lima tanaman hias berwarna hijau limau yang dapat mempercantik rumah. 

Philodendron golden crocodile

Ilustrasi tanaman hias philodendron golden crocodile. Shutterstock/Khairil Azhar Junos Ilustrasi tanaman hias philodendron golden crocodile.
Philodendron golden crocodile merupakan tanaman hias berwarna hijau limau yang indah dan menarik perhatian. Tanaman ini dapat menambahkan sentuhan warna cerah ke ruangan mana pun di rumah.

Daunnya yang memanjang dan bergerigi menyerupai kulit buaya membuat tanaman ini mendapatkan nama crocodile, yang berarti buaya. 

Philodendron golden crocodile membutuhkan tingkat kelembapan lebih tinggi dibanding beberapa tanaman hias lainnya.

Namun, perawatannya cukup rendah dan dapat tumbuh subur dalam berbagai kondisi pencahayaan. 

Baca juga: Catat, Ini Tanaman Pendamping Terbaik dan Terburuk untuk Semangka

Chameleon ZZ

Tanaman chameleon ZZ adalah varietas tanaman ZZ yang terkenal memiliki daun berwarna hijau limau yang cerah.

Daunnya yang memanjang dan ramping berwarna oranye, pink saat muda, dan berubah menjadi hijau saat matang.

Tanaman ini adalah pilihan baik untuk orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman karena tahan terhadap cahaya rendah, kelembapan rendah, dan penyiraman yang jarang. 

Baca juga: 6 Tanaman Pendamping Terbaik untuk Cabai, Bantu Tumbuh Subur

Lemon meringue pothos

Ilustrasi tanaman hias lemon meringue pothos.Shutterstock/Khairil Azhar Junos Ilustrasi tanaman hias lemon meringue pothos.
Selanjutnya, tanaman hias berwarna hijau limau adalah lemon meringue pothos. Tanaman hias ini termasuk dalam varietas sirih gading dengan aneka ragam terbaru yang sedang populer.

Lemon meringue pothos memiliki daun hijau tua dengan aksen tepi kuning limau cerah, yang membuatnya terlihat seperti kue lemon meringue.

Lemon meringue pothos membutuhkan cahaya terang tidak langsung, kelembapan sedang, dan penyiraman teratur, tetapi tidak berlebihan. 

Baca juga: 6 Bunga yang Warnanya Pink, Cocok Menjadi Tanaman Hias di Rumah

Philodendron cordatum neon

Philodendron cordatum neon adalah tanaman hias tropis dengan daun berwarna cerah. Daunnya yang besar dan bergelombang berwarna hijau limau neon yang memukau, memberikan tampilan unik dan menarik.

Tanaman ini adaptif terhadap kondisi berbeda dan tumbuh baik di bawah sinar matahari tidak langsung sedang hingga terang dan kelembapan sedang. 

Baca juga: 6 Tanaman Bunga yang Wanginya Semerbak, Bisa Ditanam di Rumah

Pothos lemon lime

Terakhir, tanaman hias berwarna hijau limau adalah pothos lemon lime. Biasanya dikenal dengan sebutan sirih gading lemon lime, pothos lemon lime merupakan tanaman merambat dengan dedaunan mengkilap.

Bentuknya yang menyerupai hati, awalnya berwarna kuning cerah, kemudian menjadi hijau limau kekuningan saat sudah matang.

Pothos lemon lime termasuk ke dalam tanaman yang relatif mudah dirawat karena dapat tumbuh baik di tempat teduh atau semi, teduh dan toleran terhadap kelembapan rendah. Lakukan penyiraman teratur, tetapi tidak berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com