Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Sambiloto, Tanaman Obat yang Kaya Manfaat

Kompas.com - 01/11/2023, 22:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comSambiloto merupakan tanaman obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab, sambiloto mengandung beragam senyawa aktif seperti andrographolide dan flavonoid.

Beberapa manfaat sambiloto untuk kesehatan, antara lain; bisa meringankan flu, meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan demam, meredakan inflamasi, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain kaya manfaat, penanaman sambiloto juga tergolong mudah. Bahkan, tanaman ini bisa tumbuh di pekarangan rumah.

Dilansir dari buku Sambiloto: Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Obat Indonesia, Rabu (1/11/2023), berikut ini cara menanam sambiloto di pekarangan rumah.

Baca juga: 5 Tanaman Obat dengan Tampilan Cantik, Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya sambiloto perlu dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian, gemburkan tanah untuk memperbaiki kondisi tanah agar lebih subur.

Penanaman bibit

Ilustrasi tanaman sambiloto, daun sambiloto.SHUTTERSTOCK/SUDHA PRASAD Ilustrasi tanaman sambiloto, daun sambiloto.

Bibit sambiloto bisa didapatkan dari stek atau biji. Jika menanam menggunakan biji, maka biji perlu direndam terlebih dahulu dalam air selama 24 jam untuk mempercepat perkecambahan.

Kemudian, biji sambiloto yang sudah direndam ditanam dalam media tanam. Gunakan media tanam dari campuran pupuk kandang dan sekam. Penanaman sebaiknya dilakukan saat musim hujan.

Baca juga: Simak, Ini 5 Tahapan Budidaya Tanaman Obat

Perawatan tanaman

Sambiloto juga memerlukan perawatan yang rutin, seperti penyiraman, pemupukan, dan penyemprotan pestisida.

Penyiraman dilakukan secara teratur, terutama ketika musim kemarau. Sementara itu, penyiraman di musim hujan perlu dikurangi atau bahkan ditiadakan agar tanaman tidak kelebihan air.

Kemudian, lakukan pemupukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam setahun. Prioritaskan untuk memberikan pupuk kandang atau pupuk organik lain.

Sementara itu, penyemprotan pestisida dilakukan untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Anda bisa menggunakan pestisida organik agar tidak membawa dampak buruk bagi tanaman dan lingkungan.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Obat di Polybag

Panen

Tanaman sambiloto bisa dipanen setelah berumur sekitar 4 hingga 5 bulan setelah tanam. Panen dilakukan dengan memotong bagian atas tanaman menggunakan pisau atau gunting. Setelah dipanen, sambiloto bisa dikeringkan untuk digunakan sebagai obat.

Itulah cara menanam sambiloto dengan mudah. Proses budidaya yang benar akan menghasilkan tanaman obat yang berkualitas dan kaya manfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com