Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Terlihat Mirip Hewan, Bisa Ditanam di Rumah

Kompas.com - 17/11/2023, 09:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia tanaman yang luas sangat menarik dan beragam. Satu hal menarik yang dilakukan beberapa tanaman adalah meniru bentuk, warna, dan penampilan umum sesuatu yang lain, seperti hewan. 

Tanaman hias yang mirip hewan ini terkadang secara acak dan kebetulan, tetapi ada juga yang merupakan hasil evolusi untuk mendapatkan keuntungan.

Terlepas dari penyebab atau alasannya, tanaman aneh ini menyenangkan untuk ditanam di dalam ruangan sebagai tanaman hias atau di taman. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Ruang Keluarga

Bagaimana tanaman dapat meniru hewan?

Tanaman hias yang mirip hewan ini, seperti monyet, lebah, dan burung, serta sungguh mempesona.

Namuan, bagaimana tanaman bisa meniru hewan? Tanaman bukan satu-satunya makhluk hidup yang meniru makhluk hidup lainnya, tapi tidak bisa melihat.

Jawabannya berkaitan dengan sifat evolusi. Semua makhluk hidup berevolusi dari waktu ke waktu. Ketika mutasi acak dalam genetika suatu individu memberinya keunggulan dibanding yang lain, akan bereproduksi, dan meneruskan mutasi tersebut ke generasi berikutnya.

Misalnya, bunga yang terlihat seperti lebah. Hal ini memberinya keuntungan karena memiliki alat tambahan untuk menarik lebah yang akan menyerbuki bunga dan membantu menghasilkan generasi berikutnya.

Penampilan tersebut dihasilkan dari keacakan,tetapi berhasil, sehingga diturunkan ke generasi berikutnya. Banyak mutasi acak lainnya yang tidak pernah berhasil melewati satu atau dua tanaman. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berwarna Hijau Limau yang Dapat Mempercantik Rumah

Tanaman hias yang mirip hewan

Di antara tanaman hias yang menyerupai hewan, beberapa di antaranya merupakan hasil dari strategi evolusi ini dan lainnya mungkin hanya acak dan tidak memberikan keuntungan apapun bagi tanaman.

Nah, dilansir dari Gardening Know How, Jumat (17/11/2023), berikut beberapa tanaman hias yang mirip hewan dan cocok ditanam di rumah.  

Golden shrimp plant

Ilustrasi tanaman golden shrimp plant. Shutterstock/Tanya_Terekhina Ilustrasi tanaman golden shrimp plant.
Ini adalah contoh tanaman yang jelas tidak terkait dengan keuntungan evolusi. Tanaman ini terlihat seperti udang dan tidak membantu tanaman ini.

Namun, bagi para tukang kebun, golden shrimp plant adalah spesimen yang menarik. Dikenal juga sebagai lilin emas dan tanaman lolipop, golden shrimp plant (Pachystachys lutea) berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Di daerah beriklim kurang tropis, Anda bisa menanamnya sebagai tanaman hias atau tanaman tahunan. Semak kecil, menghasilkan tangkai bunga dengan bracts kuning cerah dengan bunga putih yang muncul dari bracts dengan siluet krustasea. 

Baca juga: 6 Ide Meletakkan Tanaman Hias di Rumah, Bikin Udara Bersih

Anggrek lebah

Selanjutnya, tanaman hias yang mirip hewan adalah anggrek lebah atau bee orchid. Tanaman ini jelas merupakan contoh tanaman yang berevolusi menjadi mirip hewan untuk kepentingan reproduksinya sendiri.

Bunga anggrek cantik ini memiliki tiga kelopak berwarna pink, tetapi juga memiliki bibir yang terlihat seperti tubuh lebah dan dua sepal yang menyerupai antena.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com