Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2023, 09:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih tanaman hias untuk teras depan bisa menjadi hal rumit. Teras setidaknya harus teduh sebagian dan tanaman yang dipilih harus bisa tumbuh subur di dalam pot.

Maka itu, Anda harus memutuskan tanaman mana yang paling cocok untuk jenis wadahnya, seperti pot sederhana, kotak penanam di pagar, atau keranjang gantung. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Bisa Diletakkan di Depan Pintu Menurut Feng Shui

Penting juga diperhatikan hewan peliharaan dan anak-anak yang penasaran yang sering bersentuhan dengan tanaman tepat di luar pintu .

Tanaman hias untuk teras rumah yang baik adalah yang mudah dirawat, tumbuh baik dalam pot, dan sesuai dengan kondisi yang dapat Anda sediakan.

Selain itu, pastikan paparan sinar matahari di teras. Teras yang menghadap ke utara atau timur akan mendapatkan lebih sedikit sinar matahari, lebih cocok untuk tanaman teduh atau teduh parsial.

Sedangkan teras yang menghadap ke selatan atau barat akan menerima cahaya paling banyak, ideal untuk jenis tanaman yang mendapat sinar matahari penuh hingga parsial. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Jumat (29/9/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang cocok diletakkan di teras rumah untuk menambah keceriaan.  

Baca juga: 6 Cara Merawat Tanaman Hias Ara Biola agar Tumbuh Subur 

Hostas

Ilustrasi tanaman hias hostas.Shutterstock/Summer 1810 Ilustrasi tanaman hias hostas.
Tanaman keras berbunga subur ini adalah sahabat tukang kebun. Tanaman hostas tumbuh subur di tempat teduh dan teduh parsial. 

Selain itu, tanaman ini mekar dengan bunga ungu yang menarik pada musim panas. Tanam hostas di tanah di sekitar teras dan jalan setapak atau di dalam pot untuk menambahkan warna hijau di pintu depan rumah. 

Geranium

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok ditanam di teras rumah adalah geranium. Geranium, yang juga disebut geranium zonal, menambahkan semburat warna ceria pada teras dan taman kontainer. 

Tanaman geranium tumbuh paling baik dengan sinar matahari cerah sehingga ideal untuk teras dengan paparan selatan atau barat, tetapi juga bisa tumbuh baik di tempat teduh.

Geranium tidak tahan dengan panasnya musim panas, jadi pindahkan pot dari sinar matahari selama musim panas. 

Baca juga: Tanaman Hias Layu dan Sekarat? Ini Cara Mengatasinya Pakai Bahan Alami

Rosemary

Rosemary dan rempah-rempah abadi kuat lainnya, seperti lavender, sage, thyme, dan oregano, adalah tanaman yang sangat baik untuk teras depan yang bermandikan sinar matahari.

Ditambah, ini bisa menjadi kebum herbal atau bumbu dapur tepat di luar pintu. Namun, pada musim gugur, bawa tanaman rosemary ke dalam rumah  dan letakkan di jendela cerah agar panen tetap berlangsung selama musim dingin.

Bunga krisan

Ilustrasi buket bunga krisan potong. PIXABAY/SHIRLEY HIRST Ilustrasi buket bunga krisan potong.
Saat musim panas memudar menjadi musim gugur yang sejuk dan dingin, bunga krisan adalah suatu keharusan untuk teras rumah yang meriah. Bunga krisan menjadi tanaman hias yang cocok ditanam di teras rumah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com