Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias Berbentuk "Love", Sebarkan Cinta di Rumah

Kompas.com - 04/09/2023, 21:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga sering menjadi cara atau alat untuk mengungkapkan cinta pada seseorang, baik orang tua, pasangan hidup, kekasih, dan teman baik. 

Namun, kesegaran bunga tidak bertahan lama dan sedih melihat saat bunga-bunga cantik itu layu dan mati begitu cepat. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Sebagai solusi mengekspresikan cinta dengan sesuatu yang lebih bertahan lama, Anda bisa memberikan tanaman hias berbentuk love atau hati alih-alih rangkaian bunga potong.

Tanaman hias berbentuk love ini memiliki tampilan cantik dan menggemaskan serta membuatnya sama romantisnya dengan mawar dan bunga lainnya.

Dengan sedikit perawatan, tanaman hias ini akan mengingatkan penerima akan kasih sayang Anda sepanjang tahun saat tanaman tumbuh.

Terlebih, tanaman berbentuk hati ini bisa diletakkan atau dirawat di dalam ruangan. Dikutip dari Better Homes and Gardens, Senin (4/9/2023), berikut lima tanaman hias berbentuk love.  

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruangan Kecil, Apa Saja?

Sweetheart hoya

Ilustrasi tanaman Hoya Sweetheart. SHUTTERSTOCK/ATIWAT WITTHAYANURUT Ilustrasi tanaman Hoya Sweetheart.
Juga disebut tanaman Valentine, sweetheart hoya (Hoya kerrii) adalah tanaman sukulen yang menjadi hadiah populer di sekitar Hari Valentine karena memiliki bentuk seperti love atau hati. 

Tanaman hias ini sering ditanam di pot-pot kecil yang lucu, tapi pada akhirnya akan tumbuh menjadi tanaman merambat dengan bentuk love kecil berwarna hijau yang akan terlihat sangat menarik saat digantungkan di keranjang gantung.

Sweetheart hoya tidak membutuhkan banyak air dan akan tumbuh dalam cahaya redup, tetapi paling baik ditanam di bawah cahaya yang terang dan tidak langsung. 

Baca juga: 7 Kesalahan Menyiram Tanaman Sayur yang Harus Dihindari

Flowering cyclamen 

Selanjutnya, tanaman hias berbentuk love adalah flowering cyclamen. Cyclamen dalam pot merupakan alternatif sempurna untuk bunga di Hari Valentine karena penuh warna, seperti buket mawar.

Pilih varietas yang mekar berwarna merah tua hingga merah muda merona serta putih bersih. Untuk mempermanis tampilannya, flowering cyclamen memiliki daun yang cantik berwarna hijau dan perak berbentuk hati.

Cyclamen menyukai banyak cahaya terang, cahaya tidak langsung, dan sedikit air setiap kali bagian atas tanah menjadi kering.

Sebagian besar akan tetap berada di sisi kecil, tetapi cyclamen pada akhirnya dapat tumbuh lebih dari 30 sentimeter.  

Baca juga: Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Mentimun, Bikin Buah Renyah

String of hearts

Ilustrasi tanaman hias string of heart.SHUTTERSTOCK/JOB NARINNATE Ilustrasi tanaman hias string of heart.
Ketika satu "love" tidak cukup untuk mengekspresikan perasaan Anda, berikan lusinan.  String of hearts memiliki batang beranting yang dihiasi dengan daun-daun kecil berbentuk hati yang biasanya berwarna hijau dan perak, tetapi terkadang memiliki sentuhan warna merah muda.

Tanaman merambat yang tampak mungil ini menyukai banyak sinar matahari, jadi letakkan di jendela yang menghadap ke selatan agar dapat tumbuh hingga 91 sentimeter. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com