Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2023, 17:00 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja kerja tak jarang tampak membosankan dan membuat kurang semangat bekerja. Untuk membuat meja kerja lebih menyenangkan, meletakkan tanaman hias bisa menjadi pilihan.

Tanaman hias juga dapat meningkatkan suasana hati, menambah gaya, serta membantu membersihkan udara di ruang kerja. 

Baca juga: Menurut Feng Shui, Ini Posisi Meja Kerja Terbaik agar Lancar Rejeki

"Menambahkan tanaman ke ruang kerja akan langsung menghidupkan ruangan, menciptakan area yang lebih menarik untuk menghabiskan waktu," kata Jemma Charman, co-founder Green Rooms Market, marketplace tanaman. 

Tanaman kecil yang menghiasi meja dan ambang jendela dapat memberi manfaat besar tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang. Untuk membantu menentukan pilihan, berikut sejumlah tanaman untuk meja kerja dikutip dari Living Etc, Minggu (20/8/2023).

Syngonium pink splash

Tambahkan perpaduan warna hijau dan pink dengan tanaman Syngonium pink splash. Ini adalah tanaman hias untuk meja yang ideal karena perawatannya mudah, umumnya hanya perlu disiram setiap minggu, dan bisa tumbuh di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

"Jika meja kerja berada di area terang tanpa sinar matahari langsung, Anda dapat mempertimbangkan menambahkan sedikit warna dengan Syngonium pink splash," kata Jemma.

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Syngonium Tercantik yang Wajib Jadi Koleksi

Pakis Boston

Ilustrasi tanaman hias pakis Boston. SHUTTERSTOCK/JADEZMITH Ilustrasi tanaman hias pakis Boston.
Pakis Boston memberikan kesan eksotis dan glamor pada meja kerja tanpa menghabiskan banyak ruang di meja. Tempatkan tanaman di tepi atau di rak atas dan mereka akan menjuntai dengan indah.

Pakis Boston menyukai tempat hangat dan lembap sehingga perlu disemprot air menyerupai kabut dan disiram setiap minggu.

Tanaman hias ini merupakan salah satu tanaman terbaik untuk cahaya redup, ideal jika ruang kerja tidak mendapatkan banyak cahaya alami.

Peperomia hope

Jemma mengatakan peporomia hope adalah tanaman hias yang tidak membutuhkan terlalu banyak kelembapan dan daunnya yang merambat akan menjadi tambahan bagus untuk rak di atas meja.  

Menarik dan mudah dirawat, Peperomia hope dapat menjadi tambahan cantik di meja kerja. Ini adalah tanaman merambat, tapi pertumbuhannya cukup lambat sehingga Anda tidak akan menemukannya mulai memenhi rak atau tumbuh cepat ke lantai jika menggantungnya di atas meja.

Tanaman ini menyukai sinar matahari tidak langsung yang cerah sehingga ideal jika meja kerja yang  berada di tempat cerah.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Rak

Chinese money plant

Ilustrasi tanaman ZZ atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia). UNSPLASH/FEEY Ilustrasi tanaman ZZ atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia).
Chinese money plant memiliki estetika menarik dan ukuran yang sesuai untuk meja kerja. Siram tanaman ketika tanah terasa kering dan simpan di tempat cerah yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika merawatnya dengan baik, Anda akan segera melihat banyak tanaman kecil yang muncul di pangkalnya. Tanaman ini mudah diperbanyak.

Cukup potong batang tanaman baru sekitar 3cm di bawah tanah, masukkan ke pot yang lebih kecil dengan tanah baru dan beri air.

Baca juga: Cara Merawat Chinese Money Plant, Tanaman Pembawa Keberuntungan

ZZ Plant

"Jika ingin membuat sudut teduh sebagai ruang kerja di rumah, Sanseveria, ZZ plant, atau aspidistra bisa menjadi pilihan tepat," kata Jemma.

Menurut Jemma, tanaman-tanaman tersebut mudah tumbuh, toleran terhadap tingkat cahaya rendah,  dan bertahan dalam waktu lama tanpa air.

Jadi, jika mencari tanaman hias untuk meja kerja yang dapat bertahan hidup saat Anda tidak bekerja selama beberapa minggu, ZZ plant bisa menjadi pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com