Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2023, 14:15 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dapat memperindah berbagai permukaan di rumah, termasuk rak. Jika sedang mencari tanaman untuk mengisi tempat kosong di rak, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti ukuran, cara tumbuh, dan pencahayaan.

Namun, jika rak diitempatkan langsung di depan jendela cerah dan terang, memilih tanaman yang tumbuh baik di bawah cahaya rendah hingga sedang umumnya merupakan pilihan baik. 

Dilansir dari The Spruce, Minggu (23/4/2023), berikut delapan tanaman hias yang cocok diletakkan di rak. 

Baca juga: 8 Tips Memilih dan Menata Rak Tanaman Hias agar Tahan Lama dan Indah

Bird's nest snake plant

Snake plant tumbuh baik dalam kondisi cahaya rendah, tidak terkecuali tanaman Bird's nest snake plant. Varietas kecil dan ringkas ini memiliki tinggi sekitar 20 sentimeter dan umumnya tidak memerlukan perawatan rumit.

Ukurannya yang mungil dan perawatannya mudah membuat tanaman ini menjadi pilihan tepat untuk rak di ruangan. 

Baca juga: Jenis-jenis Tanaman Lidah Mertua, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Cylindrical snake plant

Jika menyukai tampilan sukulen, tapi ingin memilih tanaman yang dapat bertahan hidup di ruangan  minim cahaya, Anda bisa memilih cylindrical snake plant.

Seiring waktu, tanaman ini dapat tumbuh cukup tinggi, tapi pertumbuhannya lambat. Jika memilih tanaman kecil, Anda memiliki waktu beberapa tahun sebelum tanaman ini tumbuh besar.

Golden pothos

Ilustrasi tanaman pothos atau sirih gading. Shutterstock/Firn Ilustrasi tanaman pothos atau sirih gading.
Pothos dikenal sebagai tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Namun, di ruangan dengan cahaya rendah, penting memilih varietas pothos yang tahan terahadap kondisi cahaya rendah seperti golden pothos

Hindari varietas, seperti marble queen atau manjula, yang membutuhkan lebih banyak cahaya. Pothos juga terlihat bagus di rak berkat pertumbuhannya yang merambat.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Pothos yang Populer Ditanam di Rumah

Air plant

Air plant atau tillandsia adalah tanaman udara yang sangat fleksibel dan hanya membutuhkan sedikit perawatan. Meski dapat ditanam di tanah, tanaman ini sering dijual tanpa akar dan dipajang di dudukan yang unik, yang mengubahnya menjadi karya seni, sehingga membuatnya menjadi hiasan bagus untuk rak di ruangan.

Philodendron heartfleaf

Philodendron yang populer ini mudah tumbuh dan terlihat bagus di rak-rak berkat cara tumbuhnya yang merambat. Tabaman ini tumbuh baik dalam berbagai kondisi pencahayaan, dari cahaya tidak langsung terang hingga cahaya redup.

Tanaman ini juga perlu disiram setelah sekitar lima sampai tujuh cm bagian atas tanah mengering.

Baca juga: Tak Mudah Mati, Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron Heartleaf

Maidenhair fern

Maidenhair fern adalah pakis yang indah dan halus dengan ukuran cukup ringkas, tumbuh setinggi sekitar 30 cm saat dewasa.

Tanaman hias ini membutuhkan lebih banyak perhatian daripada beberapa tanaman lain di daftar ini. Namun, jika memiliki rak di ruangan yang lembap, seperti kamar mandi, dapur atau ruang cuci, tanaman ini adalah piihan tepat.

Baby tears

Ilustrasi tanaman hias Peperomia watermelon. SHUTTERSTOCK/ATTOMY Ilustrasi tanaman hias Peperomia watermelon.
Baby tears memiliki dedaunan lembut. Tanaman kecil imi tumbuh dengan cara menyebar yang akan menambahkan tekstur dan daya tarik visual pada rak

 Pastikan menjaga tanah tetap lembap secara konsisten untuk menghindari kerontokan daun.

Baca juga: 5 Tanaman Kecil yang Cocok di Ruang Terbatas

Peperomia hope

Peperomia hope adalah tanaman merambat yang memiliki ciri khas daun bundar yang tebal dan seperti sukulen.

Tanaman ini membutuhkan lebih banyak cahaya daripada beberapa tanaman lain di dalam daftar ini. Pepermia hope tumbuh paling baik dalam cahaya tidak langsung yang terang hingga sedang.

Tanaman ini tumbuh cepat dalam kondisi tepat dan akan terlihat bagus di rak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com