Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hal yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur

Kompas.com - 23/04/2023, 13:04 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan tempat beristirahat dan bersantai setelah hari yang panjang. Penggunaan warna cat di kamar tidur perlu diperhatikan agar dapat berisitirahat dengan nyaman dan pencahayaan yang tepat.

Namun, kamar tidur masih terasa berantakan meski telah memilih desain yang tepat. Hal ini bisa disebabkan karena menyimpan barang-barang yang tidak perlu di dalam kamar tidur. 

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (23/4/2023), berikut sembilan barang yang harus disingkirkan dari kamar tidur.

Baca juga: 4 Ide Penyimpanan Barang di Kamar Tidur Kecil aar Tidak Berantakan

Kursi dengan tumpukan pakaian

Ilustrasi kamar tidur dengan lampu lantai atau lampu berdiri. SHUTTERSTOCK/LATKN Ilustrasi kamar tidur dengan lampu lantai atau lampu berdiri.
Kursi atau bangku kosong dapat menjadi magnet kekacauan yang terkadang tidak dapat dihindari. Kursi ini sering digunakan untuk menumpuk pakaian sehingga kamar tidur tmpak berantakan.

Anda dapat menambahkan valet rod ke lemari pakaian untuk menggantung pakaian. Jika tetap ingin menyimpan kursi di dalam kamar tidur,  bersihkan kursi tersebut secara teratur, setidaknya sekali atau dua kali seminggu untuk menghindari tumpukan yang berlebihan.

Baca juga: 6 Benda yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kamar Tidur, Apa Saja?

Perlengkapan tidur yang tidak nyaman

Periksa perlengkapan tidur. Jika bantal sudah mulai kempis atau seprai mulai tampak usang, saatnya menggantinya. Anda juga dapat menyumbangkan seprai yang masih layak pakai.

Sebaiknya, hindari godaan menyimpan seprai lama untuk berjaga-jaga karena kemungkinan besar Anda tidak akan menggunakannya. Hal ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan barang lain.

Pakaian

Periksa lemari pakaian, singkirkan pakaian-pakaian yang sudah tidak muat dan tidak digunakan. Terlalu banyak barang akan membuat lemari lebih mudah berantakan.

Meski barang-barang ini berada di balik pintu lemari dan tidak terlihat, mengetahui bahwa terdapat kekacauan di dalamnya dapat menghalangi Anda untuk benar-benar bersantai di kamar tidur.

Selain itu, lemari pakaian yang terorganisir juga akan memberikan ruang untuk berang-barang lain. 

Sumbangkan pakaian yang sudah tidak dipakai dan menggunakan ruang untuk barang-barang yang benar-benar disukai dan akan dipakai. 

Baca juga: 6 Kesalahan Menata Kamar Tidur yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Sepatu dan aksesori

Ilustrasi kamar tidur.Unsplash/sidekix Ilustrasi kamar tidur.
Ulangi proses yang sama untuk sepatu, tas, topi, ikat pinggang, dan aksesori yang disimpan di kamar tidur.

Jika rak sepatu terlalu penuh, pertimbangkan cara-cara alternatif untuk menyimpan sepatu-sepatu tersebut. Rapikan laci perhiasan dan temukan cara lebih kreatif untuk menyimpan topi agar tetap rapi dan mudah dijangkau.

Dokumen

Jika tidak harus bekerja dari kamar tidur, singkirkan dokumen-dokumen yang ada. Periksa dokumen, singkirkan yang sudah tidak digunakan, dan cari tempat lain untuk meletakkan barang yang perlu disimpan. 

Jika kamar tidur merupakan satu-satunya tempat di rumah yang dapat memuat meja kerja, buatlah sistem pengarsipan untuk membuat kertas dan dokumen tidak terlihat di luar jam kerja.

Baca juga: 9 Ide Penyimpanan di Rumah Kecil, Bebas Berantakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com