Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Menciptakan Ruang Belajar di Kamar Tidur Anak

Kompas.com - 17/04/2023, 08:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Area belajar sangat diperlukan di rumah apabila anak sudah memasuki usia sekolah.

Ruang belajar dapat membantu anak lebih fokus pada tugas-tugas mereka, memberikan inspirasi untuk mengerjakan pekerjaan rumah, dan membantu tetap terorganisir. 

Baca juga: Tips Menghadirkan Area Belajar di Kamar Tidur Anak

Ruangan paling ideal untuk menciptakan area belajar anak adalah kamar tidur mereka. Sebab, kamar tidur merupakan ruang yang tenang di rumah. 

Meski menciptakan area belajar untuk anak mungkin tampak seperti permainan, ini sebenarnya adalah proyek yang membutuhkan pemikiran dan pertimbangan.

Sebenarnya, menciptakan ruang belajar anak lebih dari sekadar menyusun meja dan kursi yang cocok untuk membaca serta menulis.

Untuk membantu Anda, berikut sejumlah ide menciptakan ruang belajar di kamar tidur anak dilansir dari Decor Tips, Senin (17/4/2023). 

Baca juga: 4 Item yang Dibutuhkan di Ruang Belajar untuk Mempercantik Dekorasi

Biarkan ada cahaya 

Ilustrasi kamar tidur anak, meja belajar di kamar tidur anak.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kamar tidur anak, meja belajar di kamar tidur anak.
Jika kamar tidur anak memiliki jendela, pastikan meletakkan meja belajar di depannya. Sumber cahaya alami akan memastikan mata anak tidak tegang dan membatasi penggunaan energi untuk pencahayaan tambahan saat anak membaca, menulis, atau menggambar.

Selain itu, saat jendela terbuka, udara segar akan mendukung pembelajaran serta pemandangan akan memberikan istirahat visual atau gangguan sementara.

Saat memilih meja, pilihlah meja persegi karena tidak akan memakan banyak tempat. Jika memiliki lebih dari satu anak, meja persegi akan memberikan ruang yang sama.  

Baca juga: 8 Cara Mendekorasi Ruang Belajar Anak yang Nyaman dan Menyenangkan

Gunakan furnitur yang tumbuh dengan kebutuhan anak 

Selanjutnya, ide menciptakan ruang belajar di kamar tidur anak adalah memilih furnitur atau perabot yang dapat mengikuti tumbuh kembang anak.

Kita semua tahu betapa cepatnya anak-anak tumbuh dan berkembang. Begitu pula kebutuhan belajar mereka.

Saat ini, Anda dapat membeli furnitur yang dapat disesuaikan sehingga bisa mengubah ketinggian, bahkan ukurannya. Hal ini praktis, hemat biaya, dan fungsional.

Selain kursi dan meja, Anda juga perlu memikirkan untuk menambahkan karpet dan bantal yang nyaman.

Anak-anak dari segala usia suka melukis atau membaca sambil duduk di lantai. Anda juga bisa menambahkan sofa modular dengan bantal yang sangat empuk. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Posisi Tepat Menaruh Meja Belajar di Kamar Tidur Anak

Bedakan area belajar dari ruang lainnya

Ilustrasi kamar tidur anak dengan area belajar.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur anak dengan area belajar.
Ketika berbicara tentang membedakan ruang, kita mengacu pada kamar tidur anak yang besar atau luas. Dengan demikian, sangat ideal memisahkan dan membedakan zona.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com