Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2022, 09:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKamar tidur ramah anak adalah tempat yang memungkinkan anak untuk tidur, beristirahat, dan serta melakukan aktivitas. 

Sebagian orang tua juga memilih menghadirkan beberapa barang penunjang kegiatan ke kamar tidur anak agar bisa mengasah otak dan kreativitas si kecil tanpa harus keluar rumah

Baca juga: 3 Jenis Finishing untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Walhasil, beberapa sudut di kamar tidur anak ditata sedemikian rupa menjadi area bermain dan belajar.

Namun, ada anggapan bahwa menghadirkan barang-barang yang berkaitan dengan belajar atau ruang kerja ke kamar tidur perlu dihindari.

Sebab, dapat mengganggu kualitas tidur, bahkan membuat sulit tidur karena otak terus terstimulasi.

Ilustrasi stiker dinding di kamar tidur anak.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi stiker dinding di kamar tidur anak.

Desainer interior, Joke Ross, tidak menampik  hal tersebut sering dilakukan di kamar tidur anak. Meski demikian, ia menegaskan, tidak ada aturan yang harus diikuti tentang menghadirkan area belajar di kamar tidur anak

Baca juga: 5 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur Anak

“Balik lagi ke anak-anaknya. Ada yang lebih bisa konsentrasi belajar di kamar tidur,” katanya kepada Kompas.com di The Colours of Indonesia, di Mal Senayan City, Jakarta, baru-baru ini. 

Menurutnya, ada anak-anak yang ingin dan senang memiliki area belajar di kamar tidur karena kegiatan belajar tidak akan terganggu.

Namun, ada pula yang ingin belajar sambil ditemani anggota keluarga lainnya meski tidak ingin diajak mengobrol.

“Ada yang bosan (belajar di kamar tidur) dan pergi ke ruang keluarga. Mereka mau ditemenin, tapi enggak mau masuk kamar, jadi duduk di meja untuk belajar supaya ngerasa ada orang, tapi enggak mau diajak ngobrol karena sibuk,” terang Joke.  

Baca juga: 5 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Menyenangkan

Terkait apakah kamar tidur ramah anak harus memiliki area belajar atau tidak, orang tua perlu melihat kembali pada usia anak-anaknya.

Menurutnya, jika anak berada pada usia sekolah dan mulai memiliki banyak tugas, ada kemungkinan mereka akan meminta memiliki area belajar di rumah.

“Kadang ada yang perlu meja huruf L supaya ada komputer dan lain-lain, ada yang minta layar komputer dua untuk bermain gim,” kata Joke.

Baca juga: 3 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Tips menghadirkan area belajar di kamar tidur anak

Apabila anak meminta area belajar di kamar tidurnya atau orang tua ingin menghadirkannya, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar ruangan menjadi kamar tidur ramah anak.

Dengan demikian, anak tetap bisa belajar dengan tenang dan waktu istirahatnya tidak terganggu. Dirangkum dariEdology, Minggu (25/9/2022), berikut tips menghadirkan area belajar di kamar tidur anak. 

Ilustrasi kamar tidur anak, ilustrasi karpet di kamar tidur anak. SHUTTERSTOCK / bezikus Ilustrasi kamar tidur anak, ilustrasi karpet di kamar tidur anak.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com