Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Menyenangkan

Kompas.com - 28/03/2022, 14:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kamar tidur di rumah perlu mendapatkan desain yang menarik, nyaman, dan sesuai dengan keinginan, termasuk kamar tidur anak.

Namun, mendesain kamar tidur anak tidak hanya berfokus pada aspek estetika, tetapi juga harus menyenangkan serta mendukung aktivitas dan perkembangannya 

Baca juga: 7 Ide dan Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Hemat Anggaran

Seperti diketahui, kamar tidur anak memainkan peran penting dalam tumbuh kembang si kecil. Itulah sebabnya mendesain kamar tidur anak adalah tugas penting yang akan membantu membentuk kebiasaan dan kepribadian anak.

Dilansir dari Real Estate, Senin (28/3/2022), Jess Dempsey, blogger gaya hidup dan ibu tiga anak, membagikan tips mendesain kamar tidur anak yang menyenangkan. 

Baca juga: Simak, Ini 6 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan 

Tetap sederhana

Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki.
Ketika mendesain kamar tidur anak, minimalkan potongan pada permukaan saat memulai — ini memungkinkan Anda menambah atau mengubah ruangan dengan mudah seiring pertumbuhan anak.

Jika mendekorasi ruangan dari awal, sebaiknya pilih barang yang tidak cepat basi. "Ketika kami merenovasi, saya tahu akan membuat kamar untuk anak laki-laki yang sedang tumbuh," jelas Jess.

Jess mengatakan tidak ingin berkomitmen pada palet warna atau apa pun yang akan mereka lewati. "Saya ingin memastikan bahwa kami menjaga hal-hal minimal, netral dalam hal cat dinding, furnitur akan terlihat saat mereka tumbuh, juga cocok dengan tema dan gaya yang berbeda saat selera mereka matang." 

Baca juga: Tips Memilih Furnitur untuk Kamar Tidur Anak 

Tambahkan warna

Bawa beberapa warna ke kamar tidur anak melalui karya seni dan furnitur yang lembut.

"Setiap anak sangat berbeda. Saya memiliki tiga anak laki-laki, tetapi mereka sangat berbeda dan menyukai hal berbeda. Jadi, saya ingin memastikan warna mewakili mereka," ucap Jess. 

Jess menjelaskanya, anak sulungnya cukup konservatif dan suka hal-hal yang rapi serta netral, jadi dia suka warna navy dan palet warna lebih lembut.

Sedangkan anak tengah cukup liar dan suka hal-hal menyenangkan, jadi dia suka banyak cetakan dan hal-hal yang akan sangat menyenangkan. 

Untuk menggabungkan warna, Jess merekomendasikan menggunakan tempat tidur dan karya seni, yang dapat dengan mudah diubah saat anak tumbuh serta selera mereka berkembang. 

Baca juga: 4 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama  

Ciptakan ruang yang menyenangkan 

Ilustrasi kamar tidur anak. Shutterstock/creo2 Ilustrasi kamar tidur anak.
Kamar tidur anak tidak harus tentang fungsi dan tidur. Kamar tidur anak juga menjadi tempat berlindung yang aman, ruang bermain, dan tempat anak berimajinasi. Buat sudut baca dengan bean bag, bantal lantai, atau tenda kecil.

Miliki meja untuk mewarnai dan berkreasi. Miliki koper tua atau berwarna-warni yang diisi dengan pakaian atau barang-barang yang memungkinkan anak membangun dunia dalam pikiran mereka.

Menciptakan ruang-ruang ini akan mendorong anak-anak menggunakannya untuk kegiatan yang membuat mereka terhibur selama berjam-jam!

Baca juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Kamar Tidur Anak  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com