Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide dan Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Hemat Anggaran

Kompas.com - 06/03/2022, 08:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kamar tidur di rumah layak mendapatkan dekorasi atau desain yang menarik dan sesuai dengan keinginan, termasuk kamar tidur anak.

Namun, berbeda dengan kamar tidur dewasa, mendesain kamar tidur anak tidak memerlukan banyak biaya. 

Baca juga: 6 Tips Feng Shui Kamar Tidur Anak, Bisa Menaikkan Kepercayaan Diri

“Kebutuhan kamar tidur anak berubah dari tahun ke tahun saat mereka tumbuh,” kata Phillip Thomas, desainer interior dari Phillip Thomas Inc.

Apa yang penting ketika mereka masih bayi menjadi sama sekali tidak relevan saat berusia empat tahun, bahkan seiring pertumbuhannya. 

Intinya, menurut Thomas, jika tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk mendekorasi kamar tidur anak yang terus berkembang, Anda dapat melakukan estetika penuh gaya dengan mengikuti beberapa tips dekorasi. 

Dikutip dari Architectural Digest, Minggu (6/3/2022), Thomas dan Allison Babcock, desainer interior dari Allison Babcock Design, membagikan ide dan tips mendesain kamar tidur anak yang hemat anggaran.  

Baca juga: 6 Tips Mendesain Kamar Tidur Bergaya Mewah dan Nyaman  

Pilih tema dengan bijak

Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki.
Babcock menyarankan memilih tema yang dapat tumbuh bersama anak. “Kamar anak tidak harus terlalu remaja untuk menjadi ruang yang menyenangkan dan sesuai usia,” katanya.

Jika tinggal di daerah pesisir, tema bahari cocok untuk anak-anak yang lebih kecil maupun  lebih tua dengan pilihan gambar perahu layar hitam-putih dan pelampung yang digantung pada dinding sebagai seni.

Saat mendekorasi kamar anak yang lebih kecil, cobalah stiker kupas dengan gambar hutan dan peri. Anak-anak yang lebih besar menyukai sampul buku fantasi populer berbingkai atau patung tokoh fantasi yang dipajang pada rak

Baca juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Kamar Tidur Anak 

Pilih furnitur yang bisa bertahan lama 

Babcock mengatakan memilih furnitur yang dapat berubah fungsi seiring bertambahnya usia anak. Contohnya, tempat tidur susun yang dapat diubah menjadi sepasang tempat tidur kembar saat saudara kandung tumbuh. 

“Dengan sedikit penataan ulang, kerajinan, atau area bermain, kamar tidur anak yang lebih kecil dapat diubah menjadi lounge atau ruang belajar untuk anak yang lebih tua. Namun, Anda perlu membeli barang yang berubah seperti yang mereka lakukan,” katanya.

Thomas menyarankan orang tua membeli perabot kayu dasar yang dapat dengan mudah diperbarui dengan cara mengecatnya.

“Menyesuaikan warna berdasarkan usia dan selera anak saat ini memungkinkan Anda membuat potongan lebih unik dan personal,” katanya. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Kamar Tidur Anak Tertata dan Menyenangkan

 

Jadikan seni sebagai pribadi

Ilustrasi kamar tidur anak perempuan.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur anak perempuan.
Thomas merekomendasikan membeli pilihan bingkai foto untuk membuat dinding galeri. Sangat mudah menukar gambar dalam bingkai saat anak tumbuh, dari ilustrasi buku anak-anak vintage hingga foto keluarga.

Babcock menyukai ide membingkai beberapa barang pribadi seperti sepatu bayi, pakaian, atau mainan khusus yang terlalu besar. Bisa pula memilih karya seni favorit anak sendiri untuk dibingkai dan digantung. 

Baca juga: 4 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak agar Rapi dan Nyaman 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com