Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Ini Posisi Tepat Menaruh Meja Belajar di Kamar Tidur Anak

Kompas.com - 28/04/2022, 20:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat anak sudah beranjak dewasa dan masuk sekolah, beberapa orang tua mulai menambahkan furnitur baru di kamar tidur anak guna menunjang kegiatan belajar seperti meja belajar

Kehadiran meja belajar membantu anak-anak untuk berkonsentrasi saat mengerjakan tugas atau selama belajar dari rumah atau belajar daring. Dengan demikian, anak bisa konsentrasi belajr dan mengerjakan tugas. 

Namun, meletakkan meja belajar di kamar tidur anak tak boleh asal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar posisinya tepat dan menunjang proses belajar anak seperti disadur Interiors Place, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: 4 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama

Posisi meja belajar di kamar anak

Ilustrasi kamar tidur anakUnsplash/Huy Nguyen Ilustrasi kamar tidur anak

Posisi meja belajar di kamar tidur anak dapat ditempatkan di tengah ruangan, mepet ke dinding, atau di dekat dinding. Ini tergantung pada situasi ruangan.

Adapun situasi ruangan yang dimaksud adalah ruang yang tersedia, akses ke aliran listrik, dan seberapa sering meja belajar digunakan.

Sebab, desain interior mengacu pada pengoptimalan ruang untuk efisiensi, kenyamanan, serta nilai estetis maksimum.

Furnitur penting pada sebuah ruangan dapat menarik perhatian dari segi desain, tetapi tetap perlu ditempatkan di posisi yang praktis. 

Baca juga: 5 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Menyenangkan

Pertimbangan dalam menata posisi meja belajar

Sebagai furnitur penting, meja belajar mewakili produktivitas, pertumbuhan, koneksi, dan banyak lagi. Karena itu, posisi penempatannya sangat penting. 

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan lokasi penempatan meja belajar, selain yang telah disebutkan sebelumnya dalam kategori situasi ruangan, adalah ukuran meja, akses ke tempat penyimpanan, gangguan potensial, dan kualitas pencahayaan.

Ukuran meja dan ukuran ruangan adalah dua faktor yang harus dipertimbangkan. Jika kamar tidur anak berukuran kecil, pilih meja belajar ukuran kecil. Hal serupa juga berlaku untuk kamar tidur berukuran besar.

Baca juga: Simak, Ini 6 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan

Ilustrasi kamar tidur anak, Ilustrasi cermin di kamar tidur anak. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur anak, Ilustrasi cermin di kamar tidur anak.

Untuk kamar tidur kecil, posisi meletakkan meja belajar adalah menghadap ke arah dinding atau di pojok ruangan.

Namun, kamu tetap perlu memastikan masih ada ruang di sekitar meja belajar untuk lalu lalang dan pastikan meja tidak menghalangi pintu.

Baca juga: Cara Menentukan Jumlah Kamar Tidur yang Ideal di Rumah

  • Kamar tidur besar

Sementara itu, di kamar tidur besar, meja belajar cenderung diletakkan di tengah ruangan. Umumnya, meja juga akan dikelilingi furnitur dan barang-barang pelengkap lain di sekitarnya. Ini memungkinkan meja belajar untuk diakses dari beberapa titik oleh beberapa orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com