Kompas.com - 28/04/2022, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki lemari pakaian yang lembap dapat mempengaruhi kebersihan dan kesehatan rumah serta tampilan Anda.

Seperti diketahui, lemari pakaian sering menjadi tempat bertumbuhnya jamur karena kondisinya yang gelap dan tertutup sehingga membuat rumah tidak sehat serta tubuh menjadi bau saat mengenakan pakaian tersebut. 

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Lemari Pakaian yang Fungsional dan Tertata

Berbeda dengan pakaian yang cukup mencucinya, menghilangkan jamur pada lemari pakaian cukup sulit serta memakan waktu. Untuk itu, penting menjaga lemari pakaian tetap bersih dan tidak lembap demi mencegah jamur muncul. 

Dilansir dari Homes to Love, Kamis (28/4/2022), berikut tiga cara mencegah pertumbuhan jamur pada lemari pakaian. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Lemari Pakaian yang Lembap dan Berjamur

Pakaian harus kering sebelum dimasukkan

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK / Wirestock Creators Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi lemari pakaian.
Menaruh pakaian yang tidak benar-benar kering di tempat gelap dan tertutup seperti lemari pakaian hanya akan mengundang jamur. Sebab, pakaian yang tidak kering itu dapat membuat lemari menjadi lembap. 

Saat lemari dalam keadaan basah dan lembap, kamu akan kesulitan mengetahui mana pakaian yang benar-benar kering karena semua pakaian akan terasa lembap saat disentuh.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Jamur Muncul di Lemari Pakaian 

Jangan penuhi lemari pakaian 

Supaya isi lemari pakaian tetap segar dan kering, berikan ruang yang cukup di antara barang-barang agar udara mengalir dengan baik.

Jika memungkinkan, taruh pakaian yang tidak sering digunakan di lemari lain agar lemari pakaian tidak terlalu penuh. 

Isi lemari pakaian yang terlalu penuh juga dapat membuat lemari menjadi lembap, yang ujung-ujungnya tumbuh jamur. 

Baca juga: 6 Jenis Pintu Lemari Pakaian yang Dapat Mempercantik Kamar Tidur

Anginkan lemari secara rutin

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menganin-anginkan lemari pakaian secara rutin. Caranya, cukup membuka pintu lemari pakaian, lalu emudian, me,buka pintu atau jendela di kamar tidur sembari menyalakan kipas angin jika punya.

Saat menyegarkan kembali lemari pakaian, keluarkan semua barang-barang di dalamnya dan cuci apa pun yang berbau apak atau terasa lembap. 

Selain mencegah lemari pakaian menjadi lembap, cara ini juga memungkinkan kamu untuk merapikan dan menata ulang isi lemari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.