Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Sederhana Mengatur dan Menjaga Lemari Pakaian Tetap Rapi

Kompas.com - 11/02/2022, 18:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati lemari pakaian, baik itu lemari kecil maupun besar, dalam keadaan berantakan sering kali membuat pusing.

Pasalnya, untuk merapikan lemari pakaian butuh kesabaran, trik khusus, dan menghabiskan  waktu cukup lama. 

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Lemari Pakaian yang Fungsional dan Tertata

Lemari pakaian yang berantakan tak lain disebabkan salahnya pengorganisasian dan terlalu banyaknya barang yang disimpan, padahal tidak dibutuhkan atau sudah rusak. 

Menciptakan lemari pakaian yang rapi dan teratur bisa dibilang gampang-gampang susah.

Nah, untuk membantu menciptakan lemari pakaian yang tertata, Jo Carmichael, spesialis decluttering, dari All Sorted Out—decluttering service asal Australia—membagikan empat langkah sederhana mengatur dan menjaga lemari pakaian tetap rapi dikutip dari Homes to Love, Jumat (11/2/2022). 

Baca juga: 5 Cara Menata Lemari Pakaian Bayi agar Tetap Rapi dan Terorganisir

Pilih pakaian 

Ilustrasi lemari pakaianUnsplash/Olena Sergienko Ilustrasi lemari pakaian
Hal pertama yang perlu dilakukan ketika merapikan lemari pakaian adalah perlu melakukan pembersihan awal. Keluarkan barang-barang, tarik semuanya ke tempat tidur, dan urutkan menjadi tiga tumpukan, yakni "simpan", "buang sebagai sampah", "sumbangkan atau jual". 

Jika tidak mengenakan pakaian tersebut dalam 18 bulan terakhir, kecil kemungkinan Anda akan mengenakannya pada masa mendatang, jadi buanglah.

"Saya tahu ini sulit, tetapi hal positifnya adalah Anda tidak hanya memberi jalan untuk barang-barang baru yang akan dipakai, tapi juga dapat menyumbangkan barang-barang berkualitas baik ini untuk amal," kata Carmichael. 

Untuk pakaian tua yang benar-benar buruk seperti terdapat bolong, sobek, atau noda, inilah saatnya membuangnya. Pertimbangkan menjual pakaian yang belum digunakan atau pakaian desainer untuk menghasilkan uang dari lemari pakaian Anda. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Lemari Pakaian yang Lembap dan Berjamur 

Singkirkan pakaian yang dibeli berdasarkan impulsif 

Ilustrasi merapikan pakaian. UNSPLASH/SARAH BROWN Ilustrasi merapikan pakaian.
Kita semua pernah melakukan pembelian yang buruk seperti membeli berdasarkan impulsif atau termakan promo. Padahal, pakaian tersebut tidak cocok untuk Anda atau belakangan tidak menyukainya. 

Ketika belum pernah mengenakan pakaian tersebut dan tidak terlalu menyukai barang tersebut, Anda akan merasa sayang membuangnya.

Namun, sebaiknya tetap menyingkirkan pakaian dan berang tersebut dari lemari pakaian untuk memberi ruang bagi pakaian lain yang masih dibutuhkan. Anda bisa menjual kembali pakaian atau menyumbangkan kepada kerabat yang membutuhkan. 

Baca juga: Cara Menjaga Lemari Pakaian Tetap Segar dan Harum pada Musim Hujan 

Tata lemari pakaian 

Ilustrasi lemari pakaian. FREEPIK/LOOKSTUDIO Ilustrasi lemari pakaian.
Setelah memilah pakaian yang disimpan, saatnya mengatur dengan solusi penyimpanan cerdas. Nilai ruang yang harus dikerjakan dan putuskan di mana Anda akan memposisikan semuanya.

Wadah penyimpanan di dalam lemari dapat membuat lemari pakaian jauh lebih menarik dan mudah dinavigasi. Berikut ini tips menata pakaian dalam lemari agar tetap tertata rapi dan teratur. 

Baca juga: 5 Tips Merawat Pakaian agar Selalu Terlihat Baru

  • Sebaiknya, menggantung pakaian sebanyak mungkin karena membuatnya lebih mudah dilihat.
  • Lipat dan gulung pakaian ke dalam laci. 
  • Gunakan kotak sepatu atau kotak penyimpanan di dalam laci atau lemari pakaian untuk menjaga pakaian tetap rapi dan mencegah kaus kaki bercampur dengan crop top atau pakaian lain.
  • Cobalah tidak menggunakan mantel musiman – di bagian paling ujung lemari pakaian Anda. Kemasi pakaian musiman untuk menciptakan banyal ruang pada lemari pakaian. 

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Pakaian Bau Apek Setelah Dicuci  

Letakkan pakaian yang digunakan pada bagian bawah 

Meski menyimpan pakaian, lemari pakaian tak jarang juga digunakan untuk menyimpan tas dan sepatu. Untuk itu, simpan semua pakaian dan barang yang dibutuhkan secara teratur pada bagian yang mudah diakses.

Untuk tas atau sepatu yang digunakan pada kesempatan tertentu atau beberapa kali dalam setahun, sebaiknya simpan pada bagian atas lemari pakaian sehingga tetap rapi.

Simpan barang-barang yang paling sering digunakan seperti celana jeans di bagian bawah dan bagian yang mudah dijangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com