Kompas.com - 28/01/2022, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Lembap terbentuk karena ruang berventilasi buruk, tidak ada aliran udara yang cukup sehingga mengakibatkan area tersebut lembap bahkan berjamur. Salah satu area yang paling sering mengalami hal ini ialah lemari pakaian.

Ketika lemari pakaian Anda lembap, maka baju di dalamnya juga ikut basah, berbau tak sedap bahkan dihinggapi jamur.

Tentunya hal ini tak mau menimpa pakaian Anda, bukan? Berikut ini 7 cara mengatasi lemari pakaian yang lembap dan berjamur melansir dari In The Wash pada Jumat (28/01/2022).

Baca juga: Cara Menjaga Lemari Pakaian Tetap Segar dan Harum pada Musim Hujan

Letakkan beberapa lemmbar kertas untuk melapisi rak

Jika Anda mengalami kelembapan di lemari pakaian Anda, mungkin ada baiknya melapisi rak Anda dengan koran.

Meskipun ini membuat tampilan lemari Anda kurang menarik, tapi kertas akan menyerap sebagian kelembapan yang masuk ke lemari pakaian Anda.

Baca juga: Ingin Membeli Lemari Pakaian? Pertimbangkan 6 Hal Ini Terlebih Dulu

Kurangi kelembapan di lemari pakaian

Ilustrasi lemari pakaian anak, merapikan lemari pakaian. SHUTTERSTOCK/ALESIAKAN Ilustrasi lemari pakaian anak, merapikan lemari pakaian.

Lembap biasanya disebabkan oleh terlalu banyak kelembapan di dalam ruangan. Jadi, untuk mencegah penyebaran masalah, Anda perlu mengatur tingkat kelembapan di lemari pakaian Anda, di kamar tidur Anda, dan di seluruh rumah Anda.

Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan dehumidifier. Anda bisa membeli dehumidifier berukuran biasa yang bisa diletakkan di kamar tidur untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga: 5 Kesalahan Menata Lemari Pakaian Kecil yang Harus Dihindari

Pastikan aliran udara ke lemari pakaian baik

Cara paling sederhana untuk mengurangi kelembapan di lemari pakaian ialah dengan memastikan lemari pakaian memiliki aliran udara yang cukup.

Jika lemari pakaian Anda menempel rapat ke dinding, penuh dengan banyak pakaian, sepatu, dan tempat tidur, dan tidak berada di dekat jendela, maka akan menyebabkan lemari mudah lembap dan berjamur.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.