Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Alasan Perlu Memiliki Meja Kopi di Ruang Keluarga

Kompas.com - 28/04/2022, 18:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat mencari inspirasi desain ruang keluarga, satu furnitur yang tidak pernah tidak direkomendasikan adalah meja kopi.

Beberapa majalah dan artikel daring seputar arsitektur serta desain interior menyebut bahwa meja kopi adalah furnitur pelengkap sofa di ruang keluarga bersamaan dengan karpet.

Baca juga: Panduan Tepat Membeli Meja Kopi untuk Ruang Keluarga

Akan tetapi, apakah kehadiran meja kopi di ruang keluarga merupakan hal wajib?

Apalagi, bila tinggal di rumah kecil, kehadiran meja kopi di ruang keluarga tentu membuat ruangan semakin sempit. 

Dikutip dari Interiors Place, Kamis (28/4/2022), setiap ruang keluarga wajib memiliki meja kopi meski ruangan tersebut kecil.

Sebab, meja kopi adalah dekorasi fungsional untuk meletakkan minuman, makanan, majalah, remote TV, dan benda dekoratif lainnya.

Bahkan, meja kopi menjadi salah satu furnitur paling penting untuk ruang keluarga. Memiliki meja kopi yang tepat dapat membuat ruangan terasa lebih menarik serta nyaman.

Baca juga: 5 Barang yang Perlu Disingkirkan dari Ruang Keluarga, Apa Saja?

Apabila beberapa alasan di atas masih belum cukup untuk meyakinkanmu, cobalah pertimbangkan beberapa situasi yang mungkin terjadi di ruang keluarga.

Misalnya, saat menjamu sanak saudara dan kerabat dekat, kamu perlu pertimbangkan tempat untuk menaruh makanan dan minuman yang dihidangkan.

Kemudian, meletakkan remote TV agar mudah menemukannya saat membutuhkannya? Situasi-situasi inilah yang membuat meja kopi diperlukan di ruang keluarga, terlepas dari ukuran ruangan. 

Baca juga: Tips dan Trik Menata Meja Kopi dengan Mudah

Pertimbangan sebelum menaruh meja kopi

Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.UNSPLASH/HANNAH BUSING Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.
Bagi yang memiliki ruang keluarga berukuran besar, menaruh meja kopi di dalamnya bukan suatu masalah. Namun, beda halnya dengan ruang kecil.

Untuk itu, ada sejumlah pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan  menaruh meja kopi di ruang keluarga. 

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Meja Kopi yang Fungsional dan Bergaya

  • Ukuran dan lebar meja kopi

Salah satu yang paling penting adalah ukuran. Kamu perlu memperhatikan ukuran ruang keluarga, meja kopi, dan area duduk.

Selanjutnya, lebar meja kopi. Lebarnya harus 2/3 dari lebar sofa agar memudahkan lalu lalang di sekitar meja kopi dan sofa tanpa kendala.

Baca juga: Catat, 10 Benda Ini Sebaiknya Tidak Diletakkan di Meja Kopi 

  • Ruang di area duduk

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah ruang di antara meja kopi dan area duduk agar kamu bisa bergerak dengan leluasa.

Jika masih memiliki ruang di ruang keluarga, letakkan meja kopi sekitar 30-45 sentimeter dari area duduk. Apabila terlalu dekat, hal itu bisa berisiko membuat kakimu cedera karena terbentur kaki meja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com