Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2021, 07:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja kopi adalah salah satu elemen dekorasi penting di ruang tamu maupun ruang keluarga. Di internet pun banyak disajikan inspirasi dan ide penataan meja kopi.

Meski terlihat mudah, menata meja kopi agar apik sebenarnya cukup menantang. Misalnya, benda apa yang seharusnya diletakkan di meja kopi dan pengaturan warna.

Dilansir dari Cosmopolitan UK, Minggu (18/4/2021), pemengaruh Lydia Millen memberikan sejumlah ide menata meja kopi di ruang tamu agar tampak cantik dan melengkapi dekorasi rumah Anda.

Baca juga: Ide Menghias Meja Makan untuk Sahur dan Buka Puasa

1. Atur menjadi beberapa segmen

"Untuk meja kopi yang lebih besar, saya selalu berpikir itu akan bagus untuk membagi ruang Anda menjadi tiga atau empat dan mengatur item di setiap bagian," jelas Millen.

"Tumpukan buku-buku yang indah, nampan indah dengan lilin dan tatakan gelas, vas kecil atau pajangan keramik, mendekorasi ruangan dengan cara ini akan terlihat bersih dan bergaya, bahkan dengan beragam item yang dipajang," imbuhnya.

Namun demikian, jangan lupakan fungsi utama meja kopi, yakni untuk meletakkan gelas minuman. Jadi, gunakan baki yang cantik atau sisakan ruang pada meja untuk meletakkan minuman.

"Tujuannya adalah untuk menciptakan tempat menarik secara visual tanpa merasa berantakan. Untuk meja kopi yang lebih kecil, nampan yang menampilkan beberapa item pilihan yang dapat diangkat dan diganti untuk memudahkan pembersihan," jelas Millen.

Baca juga: 7 Barang yang Perlu Diletakkan di Meja Samping Tempat Tidur

2. Variasikan ketinggian

Hindari tampilan meja kopi yang tampak terlalu datar dengan memvariasikan ketinggian benda yang diletakkan di meja kopi. Menurut Millen, ini juga merupakan cara yang bagus untuk menciptakan efek visual yang menarik bagi mata.

Pilih vas, tanaman, tumpukan buku, dan lilin dengan ketinggian berbeda, untuk digabungkan dengan meja kopi.

"Cobalah untuk menghindari barang apa pun yang terlalu tinggi. Anda menambah daya tarik, bukan batasan bagi orang lain di ruangan itu," tutur Millen.

3. Pikirkan tentang skema warna

"Saya merekomendasikan memilih satu skema warna untuk semua item Anda yang ditampilkan di meja kopi Anda," sebut Millen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com