Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Ide Dekorasi Meja Kopi yang Fungsional dan Bergaya

Kompas.com - 22/10/2021, 07:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja kopi adalah salah satu elemen penting di ruang tamu maupun ruang keluarga. Meskipun fungsinya jelas untuk menempatkan hiasan dan menjamu tamu dengan minuman dan camilan, bukan berarti meja kopi tak perlu didekorasi agar cantik.

Meja kopi sebetulnya dapat Anda jadikan titik fokus ruangan. Caranya adalah dengan memilih meja kopi yang menarik dari sisi desain, namun penataannya juga perlu diperhatikan.

Dikutip dari HGTV, Jumat (22/10/2021), berikut sejumlah ide dekorasi meja kopi agar tak hanya fungsional, namun juga bergaya dan sedap dipandang.

Baca juga: 6 Keuntungan Memiliki Meja Makan Kayu

Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.UNSPLASH/HANNAH BUSING Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.

1. Pertahankan keseimbangan

Tidak ada yang membuat permukaan yang berantakan lebih cepat daripada koleksi pernak-pernik kecil dalam jumlah banyak. Sebaliknya, hanya menampilkan benda besar dapat terlihat berat dan tidak praktis.

Untuk menjaga meja kopi tetap seimbang, variasikan skala item tampilan dan susun atau kelompokkan objek seperti itu bersama-sama.

2. Bentuk grid

Jika Anda memiliki meja kopi besar, mengetahui dari mana harus memulai bisa menjadi hal yang menantang.

Tipsnya adalah, rekatkan bagian untuk membentuk kisi dan posisikan objek di dalam kotak. Ini membantu mengkotak-kotakkan gaya Anda.

Baca juga: Trik Mengatur Meja Kerja di Rumah agar Rapi dan Teratur

3. Buat pergantian dekorasi sesuai musim

Sebagai titik fokus ruang tamu maupun ruang keluarga, meja kopi adalah tempat yang tepat untuk memutar elemen dekoratif musiman.

Misalnya, saat musim kemarau, letakkan keong laut di tumpukan buku untuk suasana pantai, lalu menjelang Natal, letakkan elemen dekorasi khas Natal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber HGTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com