Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Hal yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan tempat beristirahat dan bersantai setelah hari yang panjang. Penggunaan warna cat di kamar tidur perlu diperhatikan agar dapat berisitirahat dengan nyaman dan pencahayaan yang tepat.

Namun, kamar tidur masih terasa berantakan meski telah memilih desain yang tepat. Hal ini bisa disebabkan karena menyimpan barang-barang yang tidak perlu di dalam kamar tidur. 

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (23/4/2023), berikut sembilan barang yang harus disingkirkan dari kamar tidur.

Anda dapat menambahkan valet rod ke lemari pakaian untuk menggantung pakaian. Jika tetap ingin menyimpan kursi di dalam kamar tidur,  bersihkan kursi tersebut secara teratur, setidaknya sekali atau dua kali seminggu untuk menghindari tumpukan yang berlebihan.

Perlengkapan tidur yang tidak nyaman

Periksa perlengkapan tidur. Jika bantal sudah mulai kempis atau seprai mulai tampak usang, saatnya menggantinya. Anda juga dapat menyumbangkan seprai yang masih layak pakai.

Sebaiknya, hindari godaan menyimpan seprai lama untuk berjaga-jaga karena kemungkinan besar Anda tidak akan menggunakannya. Hal ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan barang lain.

Pakaian

Periksa lemari pakaian, singkirkan pakaian-pakaian yang sudah tidak muat dan tidak digunakan. Terlalu banyak barang akan membuat lemari lebih mudah berantakan.

Meski barang-barang ini berada di balik pintu lemari dan tidak terlihat, mengetahui bahwa terdapat kekacauan di dalamnya dapat menghalangi Anda untuk benar-benar bersantai di kamar tidur.

Selain itu, lemari pakaian yang terorganisir juga akan memberikan ruang untuk berang-barang lain. 

Sumbangkan pakaian yang sudah tidak dipakai dan menggunakan ruang untuk barang-barang yang benar-benar disukai dan akan dipakai. 

Jika rak sepatu terlalu penuh, pertimbangkan cara-cara alternatif untuk menyimpan sepatu-sepatu tersebut. Rapikan laci perhiasan dan temukan cara lebih kreatif untuk menyimpan topi agar tetap rapi dan mudah dijangkau.

Dokumen

Jika tidak harus bekerja dari kamar tidur, singkirkan dokumen-dokumen yang ada. Periksa dokumen, singkirkan yang sudah tidak digunakan, dan cari tempat lain untuk meletakkan barang yang perlu disimpan. 

Jika kamar tidur merupakan satu-satunya tempat di rumah yang dapat memuat meja kerja, buatlah sistem pengarsipan untuk membuat kertas dan dokumen tidak terlihat di luar jam kerja.

Peralatan olahraga

Pertimbangkan mencari tempat lain untuk meletakkan matras yoga, dumbe, dan peralatan olahraga lain. Alat-alat besar, seperti sepeda statis atau treadmill, akan menghabiskan banyak ruang di lantai dan dapat mengumpulkan kekacauan. Pindahkan peralatan olahraga ke area rumah lain seperti garasi.

Produk kedaluwarsa

Periksa sekeliling kamar tidur, singkirkan produk-produk perawatan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa. Jika terdapat produk yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa yang jelas, Anda dapat mencoba memeriksa baunya. 

Jika tidak ingat kapan memiliki produk atau produk berdebu di sudut ruangan, saatnya membuangnya

Makanan

Sebaiknya, tidak menyimpan makanan di kamar tidur. Makan di tempat tidur dan tidak sengaja menumpahkan makanan dapat mengundang serangga.

Hal ini juga menyebabkan kuman dan bakteri tumbuh di tempat tidur. Bawalah camilan ke dapur dan jauhkan makanan dari kamar tidur.

Sampah

Saat membersihkan kamar, jangan lupakan barang-barang kecil seperti label pakaian dari baju baru, botol air setengah kosong, atau tanaman layu yang lupa Anda siram.

Meski berukuran kecil dan kadang tidak terlihat, menyingkirkan barang-barang ini akan membuat kamar tidur terlihat lebih bersih.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/23/130416076/9-hal-yang-harus-disingkirkan-dari-kamar-tidur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke