Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Sukulen yang Mudah Ditanam dan Dirawat di Dalam Ruangan

Kompas.com - 18/08/2023, 08:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukulen telah menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Hal ini lantaran tanaman sukulen memiliki reputasi baik, dalam hal perawatan dan manfaat. 

Ada ratusan varietas sukulen unik yang bisa dipilih dan hampir semua orang bisa menanamnya, termasuk para pemula. Selain itu, tanaman sukulen minim perawatan.  

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Lidah Mertua

Jaringan khusus penyimpan airnya memungkinkan sukulen bertahan hidup di lingkungan yang terlalu kering. Jadi, tanaman hias ini akan bertahan meski Anda lupa menyiramnya sebentar.

Selain itu, tanaman sukulen tumbuh subur di udara kering dan suhu hangat, yang sudah dimiliki sebagian besar rumah. Jadi, Anda tidak perlu mengubah apa pun untuk menanamnya di ruang tamu.

Jika Anda seorang pemula yang menaman tanaman ini, berikut beberapa tanaman sukulen yang mudah ditanam dan dirawat di dalam ruangan dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (18/8/2023). 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Kamar Mandi, Usir Kelembapan 

Tanaman giok

Ilustrasi tanaman giok atau jade plant.Shutterstock/Jus_Ol Ilustrasi tanaman giok atau jade plant.
Tanaman giok atau jade plant (Crassula ovata) adalah tanaman sukulen yang sangat mudah tumbuh.

Tanaman asli Afrika Selatan yang kokoh ini tumbuh kekar, batang bercabang dengan daun tebal berwarna hijau mengkilap yang terkadang diwarnai dengan warna merah di sekelilingnya saat tumbuh di bawah sinar matahari penuh.

Beberapa varietas memiliki daun yang terlihat berbeda, seperti varietas 'Gollum,' yang memiliki daun menyerupai jari monster hijau.

Seiring waktu, tanaman sukulen ini dapat tumbuh setinggi beberapa meter. Namun, ketika ditanam sebagai tanaman hias, tanaman giok biasanya tetap setinggi 30 sentimeter. Sebaiknya, menanam tanaman giok di pot yang lebih berat, seperti terakota.

Kunci menjaga tanaman giok tetap bahagia adalah membiarkan tanah mengering sepenuhnya di antara penyiraman. Beberapa tukang kebun hanya menyiram tanaman giok saat daunnya mulai mengerut atau kehilangan kilauannya.

Baca juga: 6 Tanaman Sukulen yang Cocok Digantung di Rumah  

Christmas cactus

Berbeda dengan kaktus lainnya, Christmas cactus atau kaktus Natal (Schlumbergera x buckleyi) tidak memiliki duri yang tajam. Christmas cactus juga menjadi tanaman sukulen yang mudah ditanam dan dirawat di dalam ruangan.

Batangnya yang pipih, berdaging, dan tersegmentasi dapat mencapai beberapa meter panjangnya, sering kali menutupi tepi bejana sehingga mendapat julukan kaktus capit kepiting.

Kaktus ini juga lebih menyukai kelembapan lebih tinggi dibanding kerabatnya yang berduri sehingga perlu menyiramnya setiap kali bagian atas tanahnya kering.

Simpan kaktus ini di tempat terang di dekat jendela dan akan mekar pada musim dingin dengan bunga merah muda yang mencolok.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Menghilangkan Polusi Udara di Rumah  

Lidah buaya

Ilustrasi tanaman lidah buaya. PEXELS/BT3GL Ilustrasi tanaman lidah buaya.
Lidah buaya tumbuh sebagai sekelompok daun yang panjang dan ramping pada batang yang pendek. Seiring waktu, lidah buaya menghasilkan lebih banyak kelompok daun yang disebut offset yang dapat membentuk koloni cukup besar untuk mengisi seluruh wadah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com