Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Fakta Menarik Tanaman Sukulen, Tahan Hama dan Bisa Berubah Warna

Kompas.com - 14/07/2022, 17:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cactus Way

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam jenis tanaman yang kerap dijadikan sebagai elemen dekorasi rumah, salah satunya sukulen.

Hal ini karena ada beberapa varietas sukulen yang mudah dirawat di ruangan tertutup dan membutuhkan cahaya minim. Bahkan, menurut feng shui, ada pula tanaman sukulen yang dipercaya mampu membawa kekayaan ke rumah. 

Selain itu, diikutip dari Cactus Way, Kamis (14/7/2022), tanaman sukulen memiliki beberapa fakta menarik yang membuatnya banyak digunakan di dalam ruangan sebagai dekorasi seperti berikut. 

Baca juga: 4 Varietas Tanaman Sukulen yang Beracun untuk Hewan Peliharaan

Memiliki berbagai macam warna

Ilustrasi tanaman sukulen Aeonium arboreum atau Pinwheel Desert Rose. PIXABAY/NORBERT HOLDIN Ilustrasi tanaman sukulen Aeonium arboreum atau Pinwheel Desert Rose.

Tidak hanya datang dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, tanaman sukulen juga memiliki berbagai macam warna seperti hijau, ungu, dan merah muda.

Warna-warna ini bisa cocok dan melengkapi berbagai dekorasi rumah apa pun. 

Bisa berubah warna

Tanaman sukulen bisa mengalami perubahan warna berdasarkan beberapa faktor. Misalnya, jumlah cahaya matahari dapat membuat warna tanaman pudar atau berubah.

Tanaman sukulen yang terlalu sering atau jarang disiram pun bisa berubah warna. Perubahan suhu juga dapat mempengaruhi warna tanaman sukulen. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyiram Tanaman Sukulen

Kaktus dan lidah buaya termasuk sukulen

Sebanyak 2.000 spesies kaktus dan 20 spesies lidah buaya adalah sukulen. Hal ini karena sebagian besar spesies sukulen umumnya ditemukan di iklim kering dan gersang.

Ukuran daun dan batang sukulen berperan dalam seberapa banyak kamu perlu menyiramnya. Jadi, seberapa besar kaktus menentukan berapa banyak air yang dibutuhkan.

Mendapatkan nama dari daunnya

Ilustrasi tanaman sukulen Echeveria laui (tengah) dengan daun berwarna pink. SHUTTERSTOCK/TETE_ESCAPE Ilustrasi tanaman sukulen Echeveria laui (tengah) dengan daun berwarna pink.

Tanaman sukulen dinamai karena daunnya yang lebar dan berisi getah. Namanya berasal dari kata Latin “Succus” atau “Sucus” yang berarti daun sukulen diisi dengan getah dan air.

Batang dari sebagian besar tanaman ini juga sangat tebal karena berfungsi sebagai tempat menyimpan air. Ini memungkinkan sebagian besar spesies sukulen tahan kekeringan.

Baca juga: 5 Tanaman Sukulen Ini Bawa Kekayaan ke Rumah Menurut Feng Shui

Ukuran daun memiliki informasi tempat asalnya

Ukuran daun pada tanaman sukulen merupakan indikasi ketinggian tempat sukulen berasal. Tanaman dengan daun lebih kecil kemungkinan berasal dari ketinggian yang lebih tinggi.

Bisa dipropagasi

Propagasi adalah istilah yang mengacu pada proses pengembangbiakan tanaman baru dari batang atau akar tanaman induk. Tanaman sukulen bisa dipropagasi untuk mendapatkan banyak tanaman baru.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com