Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2022, 09:42 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukulen adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga tanaman berdaging seperti kaktus dan lidah buaya.

Tanaman sukulen dikenal karena kemampuannya menahan air dan iklim yang keras sehingga minim perawatan dan sangat cocok bagi mereka yang sibuk atau pemula. 

Baca juga: 6 Tanaman Sukulen yang Mudah Dirawat di Dalam Ruangan

Sukulen tersedia dalam berbagai warna dan tekstur serta mampu berkembang dalam pengaturan yang tidak biasa yang hanya dapat mengakomodasi sistem akar kecil seperti taman vertikal.

Bahkan beberapa spesies sukulen dianggap sebagai "tanaman udara", yang berarti dapat hidup dengan sedikit atau tanpa tanah.

Bagi Anda yang tertarik merawat tanaman sukulen, berikut enam cara kreatif memajang sukulen di rumah dikutip dari Bobvila, Kamis, (27/1/2022). 

Baca juga: Kenali Tanda Tanaman Kaktus dan Sukulen Perlu Disiram 

Obsesi ombre

Ilustrasi sukulenUnsplash/Amy Chen Ilustrasi sukulen
Tanaman sukulen datang dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Hadirkan tren ombre ke taman Anda dengan menampilkan hamparan sukulen yang ditata berdasarkan spektrum warna.

Pengaturan atau penataan ini akan bekerja dengan baik sebagai hiasan meja atau karya seni dinding.

Dijadikan terarium 

Tanaman hias sukulen bisa ditanam menjadi rangkaian bunga dalam terarium kecil atau dalam bolakaca yang berfungsi sebagai ekosistem mini bagi tanaman.

Bola kaca yang halus ini mampu menerima sinar matahari yang cukup sambil memberikan perlindungan untuk sukulen. 

Baca juga: 6 Tanda Tanaman Kaktus dan Sukulen Perlu Repotting 

Karangan bunga hidup

Karangan bunga palsu sangat ketinggalan zaman. Sebagai solusi, Anda bisa membuat karangan bunga hidup dari tanaman hias sukulen dengan melapisi bingkai karangan dan mengemasnya dengan tanah untuk membuat media tanam yang ramah untuk menanam sukulen.

Biarkan penataan diatur pada permukaan yang datar selama beberapa hari sebelum menggantungnya untuk dinikmati. 

Baca juga: Cara Tepat Menyiram Tanaman Kaktus dan Sukulen agar Tidak Mati

Pohon kecil

Letakkan beberapa pot sukulen di kamar tidur Anda untuk digunakan meredakan stres dan membuat tidur makin nyenyak.Unsplash/8kka Ame Letakkan beberapa pot sukulen di kamar tidur Anda untuk digunakan meredakan stres dan membuat tidur makin nyenyak.
Sekelompok sukulen monokromatik dapat ditanam pada struktur berbentuk kerucut agar tampak seperti pohon mini.

Pengaturan ini akan bagus untuk perayaan liburan santai atau bisa diselingi di taman untuk menambah tinggi dan dimensi. 

Gunakan bingkai foto 

Sukulen cukup kuat untuk berkembang, bahkan jika penanam mereka digantung secara vertikal. Gunakan bingkai foto lama yang dicat dengan warna menyenangkan untuk membentuk batas sempurna untuk seni dinding taman vertikal Anda. 

Baca juga: 6 Jenis Sukulen dengan Warna Menarik

Menggabungkan dengan furnitur

Karena sukulen sangat kuat, mudah untuk menggabungkannya dengan cara yang tidak biasa seperti menjadikannya bagian dari furnitur.

Penanam ini berfungsi ganda sebagai meja samping, yakni bagian atas meja kaca memungkinkan cahaya menembus ke lapisan bawah serta menjaga tanaman tetap bahagia dan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com