Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2022, 07:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman sukulen adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak dijadikan elemen dekorasi rumah. Anda dapat memilih jenis tanaman sukulen dalam berbagai warna, tekstur, dan bentuk untuk mempercantik rumah.

Selain itu, penempatan tanaman sukulen di dalam rumah juga cukup fleksibel, yakni dapat ditanam di pot dekoratif, diletakkan di rak, maupun menggunakan pot gantung.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (8/1/2022), berikut beberapa tanaman sukulen yang mudah dirawat di dalam ruangan.

Baca juga: Kenali Tanda Tanaman Kaktus dan Sukulen Perlu Disiram

1. Kaktus tulang ikan atau fishbone cactus (Epiphyllum anguliger)

Tanaman sukulen ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki bunga seperti anggrek cantik. Tidak seperti beberapa tanaman sukulen, kaktus ini menyukai lingkungan yang lembap.

Tanaman ini bertahan dengan sinar matahari parsial atau cahaya tidak langsung. Kaktus tulang ikan cocok digantung atau ditanam di pot yang kokoh.

Tanaman ini menyukai cahaya dalam ruangan yang terang dan sedikit sinar matahari langsung. Siram tanaman seminggu sekali saja.

2. Gasteria

Genus Gasteria menampilkan sukulen tanpa batang yang tumbuh rendah. Tanaman ini menyukai sinar matahari setengah hari dan penyiraman mingguan, asalkan Anda tidak membiarkan kelembapan menumpuk di antara daun.

Baca juga: Benarkah Tanaman Sukulen Beracun untuk Anjing?

Tanaman ini membutuhkan setengah hari sinar matahari penuh. Gasteria memiliki daun warna hijau, berbintik-bintik, dengan bunga merah atau merah muda.

3. Tanaman zebra (Haworthiopsis attenuata)

Haworthiopsis attenuata, sebelumnya dikenal sebagai Haworthia attenuata memiliki tampilan runcing tetapi tidak ada duri atau duri tajam. Tuberkel putih membedakannya dari tanaman lidah buaya yang tampak serupa.

Tanaman zebra tumbuh dalam rumpun rendah dengan roset daun sepanjang 3 hingga 5 inci. Tanaman ini cocok ditanam di pot kecil atau di terarium gantung kaca mini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com