Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias Rambat untuk Mempercantik Pagar Rumah

Kompas.com - 05/01/2022, 18:05 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menghias halaman dengan tanaman hias dapat membuat udara lebih sejuk serta tampilan rumah manjadi lebih indah.

Jika kamu memiliki lahan yang terbatas untuk menanam tanaman, tak ada salahnya menghias dinding halaman dengan tanaman hias.

jenis tanaman yang cocok ditanam menutupi dinding adalah tanaman hias, selain menambah privasi halaman dari tetangga dan orang yang berlalu-lalang, tanaman rambat juga seringkali memiliki bunga yang cantik.

Melansir dari Plantura, Rabu (5/1/2022), berikut beberapa rekomendasi tanaman rambat dengan bunga indah yang bisa menghiasi dinding halamanmu.

Baca juga: 5 Tanaman Rambat yang Cocok Diletakkan di Balkon Rumah

Morning glory

Biasanya tanaman rambat membutuhkan waktu lama untuk tumbuh dan menutupi keseluruhan dinding. Jika kamu mencari tanaman rambat yang cepat tumbuh, morning glory bisa menjadi pilihan.

Apabila kamu menanamnya di musim semi, kamu sudah akan melihatnya tumbuh dengan lebat hingga 3 meter saat musim panas. Morning glory memiliki bunga besar berbentuk trompet yang sangat indah.

Saat bunga baru saja tumbuh dan masih kuncup, ia memiliki warna merah muda. Saat bunga akan mekar ia akan berubah warna menjadi warna ungu atau biru dengan semburat kuning dibagian tengah.

Baca juga: 6 Tanaman Rambat yang Bisa Percantik Rumah

Black eyed susan

Bunga ini memiliki warna kuning cerah dengan warna hitam pekat dibagian tengahnya. Tanaman merambat ini sangat cocok ditanam di area yang cerah dan hangat. Ia bisa tumbuh merambat di dinding hingga ketinggian 2 meter.

Selain bunganya yang seakan memiliki ‘mata’ hitam, black eyed susan juga di sukai karena bentuk daunnya yang menyerupai hati.

Baca juga: 4 Tanaman Rambat yang Cocok di Dalam Ruangan dan Cara Merawatnya

Clematis

Clematis adalah salah satu tanaman rambat yang disukai di Eropa, namun jangan khawatir kamu juga bisa mendapatkan bibitnya di Indonesia.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 10 meter dengan bunga yang tumbuh dengan rimbun.

Bunga-bunga clematis biasanya mekar pada bulan Mei dan Juni. Clematis memiliki bunga berwarna ungu tua dan putih dengan aroma yang halus.

Namun akar clematis tidak bisa menahan batangnya didinding, kamu akan membutuhkan teralis atau penyangga agar bisa menempel di dinding.

Baca juga: Hoya, Tanaman Rambat yang Memiliki Bunga Cantik Seperti Lilin

Hydrangea rambat

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bunga hydrangea yang cantik dan tumbuh bergerombol. Untuk memberi kesan cantik pada dinding, kamu bisa menanam hydrangea jenis rambat.

Hydrangea rambat yang memiliki bunga berwarna putih ini bisa tumbuh hingga 15 meter. Selain itu tanaman ini juga sangat kuat dan mudah dirawat, pastikan tanam di tanah yang tidak terlalu berkapur dan juga tidak terlalu padat.

Baca juga: Hal yang Patut Diketahui Jika Ingin Merawat Tanaman Rambat

Mawar rambat

Rosa hibdrida atau mawar rambat adalah tanaman rambat yang banyak digemari karena bunganya yang indah.

Mawar rambat memiliki daun berwarna gelap dengan bunga yang tumbuh rimbun sehingga membuat tampilan halaman menjadi sejuk dan indah.

Dengan perawatan yang tepat, mawar rambat bisa mencapai ketinggian hingga 3,5 meter. Sebanding dengan keindahannya, tanaman ini membutuhkan perawatan ekstra.

Sebelum menanam pastikan lokasi yang tepat dan berikan pupuk secara teratur. Pemangkasan juga perlu dilakukan agar mawar tumbuh dengan maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com