Kompas.com - 12/05/2021, 16:23 WIB
Ilustrasi bunga hoya. PIXABAY/LYNN GREYLINGIlustrasi bunga hoya.

JAKARTA, KOMPAS.om--Tanaman hoya adalah tanaman merambat yang memiliki bunga yang unik seperti terbuat dari lilin.

Tanaman yang berasal dari India selatan mudah dirawat asalkan mendapat banyak cahaya tidak langsung dan kelembapan yang tinggi.

Ini adalah tanaman berumur panjang yang lebih menyukai kondisi pertumbuhan yang sempit.

Hoya bahkan disebut sebagai tanaman lilin dan bunga porselen. Tanaman ini adalah tanaman tropis, paling cocok untuk tumbuh di dalam ruangan, kecuali daerah beriklim hanfat seperti di Indonesia.

Baca juga: Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Krisan

Untuk itu, sebelum menanamnya, pastikan suhu di lingkunganmu cukup sejuk, ya. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanaman hoya mudah diperbanyak dengan stek. Stek berakar dengan mudah di air biasa (gunakan air hujan untuk hasil terbaik) atau dengan ujung potongan dimasukkan ke dalam tanah subut yang dicampur setengah dengan perlit.

Dalam waktu sekitar dua tahun, pemotongan akan menghasilkan tanaman dewasa yang mampu berbunga.  

Cara merawat

Dilansir dari Gardening Know How, Rabu (12/5/2021), tanaman hoya harus dijauhkan dari cahaya terang, terutama pada tengah hari, karena ini dapat membakar daun.

Mereka membutuhkan cahaya terang tetapi tidak langsung. Kamu bisa meletakkannya di bawah paranet atau atap dengan penangkal sinar matahari yang terlalu terik.

Baca juga: Langkah Membuat Buket Bunga Mawar agar Awet di Dalam Vas

Sirami tanaman dengan teknik hujan gerimis agar semua daunnya juga merasakn kesegaran.

Hoya tidak perlu dipangkas, karena sebenarnya, sulur di ujungnya adalah tempat dedaunan baru akan tumbuh dan bunga berkembang.

 

Suhu optimal untuk perawatan tanaman lilin di musim tanam adalah 18 derajat celsius di malam hari dan 27 derajat celsius di siang hari.

Jika kamu menanamnya di dalam pot, letakkan potnya di atas piring yang yang diisi kerikil kecil dan air. Ini dilakukan untuk meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman tanpa membuat akarnya basah kuyup. 

Ilustrasi bunga Hoya Carnosa. UNSPLASH/CLAUD RICHMOND Ilustrasi bunga Hoya Carnosa.

Kabar baiknya, hoya tida perlu dipupuk, jadi kamu hanya perlu menyiram dan menghindarkan tanaman dari matahari langsung.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X