Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2021, 08:41 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias di dalam pot, tanaman rambat dapat membuat tampilan pekarang rumah semakin cantik. Selain cantik, kebanyakan tanaman merambat termasuk tanaman rambat ivy, dan varietas bunga lainnya memiliki daya tahan kuat dan mudah untuk beradaptasi.

Dilansir dari Homes to Love, Senin (25/1/2021), beberapa tanaman rambat dapat hidup tanpa teralis atau penopang pendukung. Berikut beberapa tanaman rambat yang dapat tumbuh paling cepat dan tumbuh subur.

1. Melati

Star jasmine atau melati adalah pilihan terbaik untuk pagar teduh (Trachelospermum jasminoides). Saat tanaman ini mulai tumbuh dan merambat, pertimbangkan paparan sinar matahari atau keteduhannya. 

Baca juga: 10 Pilihan Tanaman Rambat Untuk Mempercantik Pagar Rumah

2. Bugenvil

Bougainvillea atau bugenvil adalah tanaman bunga yang menyukai sinar matahari yang akan memberikan semburat warna cantik di pagar belakang atau taman. Bugenvil memiliki berbagai ukuran, dari yang kecil hingga yang besar dan dalam berkelompok.

3. Boston ivy

Tanaman rambat ini dapat tumbuh dengan atau tanpa teralis, namun cocok diletakkan di pagar atau dinding taman. Jika diberi sinar matahari penuh, daun sulur daun ini berubah menjadi merah cemerlang, ungu, oranye dan kuning.

4. Mandevilla

Mandevilla atau bunga terompet merupakan tanaman merambat berkayu memiliki sulur, sehingga dapat menempel pada struktur. Jika Anda menanam tanaman tropis ini sebagai tanaman hias, beri mereka cahaya terang tidak langsung atau tersaring.

Biarkan tanah sedikit mengering di antara penyiraman, dan beri pupuk setiap dua minggu. Pindahkan ke luar selama musim panas.

Baca juga: Kenalan dengan English Ivy, Tanaman Rambat yang Bisa Hidup di Pot

5. Morning glory

Morning glory (Ipomoea tricolor) adalah tanaman yang mudah dirawat dengan bunga-bunga cantik berwarna pink, biru langit, putih, ungu, merah, magenta dan warna lainnya.

Tanaman merambat memiliki daun berbentuk hati dan lebih menyukai sinar matahari penuh dan tanah subur yang dikeringkan dengan baik.

Hindari pemupukan berlebihan, yang dapat mendorong lebih banyak daun daripada bunga yang mekar, tetapi lakukan penyiraman secara teratur.

Latih tanaman di lengkungan, teras atau pagar. Mereka dapat merambat dengan melilit dan tumbuh paling baik pada penyangga berdiameter sempit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com