Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2021, 07:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan renovasi dapur bukanlah hal yang mudah, terutama jika merenovasinya total dan membangun kembali dari awal.

Dilansir dari Homes to Love, Senin (25/1/2021), untuk melakukan renovasi dapur harus diawali dengan merencanakan tata letak, denah lantai, hingga memilih bahan benchtop, desain dinding dapur, dan semua peralatan Anda, itu bisa dengan cepat menjadi luar biasa.

Berikut tahapan ketika ingin merenovasi dapur.

Baca juga: 4 Trik Desain agar Dapur Sempit Tampak Luas

2. Desain ruang

Hal pertama yang harus dipikirkan ketika akan merenovasi dapur adalah bagaimana desain ruangan dapur tersebut. Apakah akan membuat tata letak baru, mengganti pipa ledeng, dan sebagainya. 

Desain ruang ini diperlukan untuk membantu ergonomi dapur dan tentang aspek teknis seperti seberapa tinggi kompor, jarak jangkauannya, serta sambungan listriknya.

2. Perlengkapan

Selanjutnya adalah memilih perlengkapan dapur seperti lemari, benchtop, dan lantai untuk dinding dapur. Jika perlengakapan ini dibuat custom, pastikan membuatnya tidak tergesa-gesa, karena bisanya perlengkapan costum membutuhkan waktu sekitar lima minggu.

3. Mengukur
Setelah desain Anda siap, pembuat lemari akan mengukur dan memberikan "gambar toko" atau gambar kerja yang digunakan untuk membangun dapur.

Baca juga: 5 Pilihan Meja Dapur Sesuai Kebutuhan

4. Pasang lantai

Lantai beton adalah pekerjaan yang berantakan dan perlu dipasang sebelum penyelesaian akhir untuk memastikan tidak ada yang rusak. Lantai beton biasanya dipesan sekitar empat minggu sebelumnya, dibutuhkan sekitar 10 hari untuk mengeringkan permukaan keras yang sesuai untuk dikerjakan.

Jadi, lama pengerjaan tergantung dari material lantainnya tersebut.

5. Pemasangan

Ketika ruang sudah siap, pemasang dapat mengatur posisi lemari dan memposisikan peralatan Anda sebelumnya untuk tukang listrik dan tukang ledeng. Perlu waktu dua hingga lima hari untuk memasang sebagian besar lemari.

Setelah lemari masuk dan peralatan diposisikan sebelumnya, benchtop dan splashback dapat diukur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com