Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2021, 17:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda memiliki dapur sempit di rumah, rasanya satu-satunya solusi merombak tampilan dapur adalah dengan renovasi. Namun, ada beberapa trik desain cerdas yang bisa membuat dapur sempit Anda tampak luas.

Trik desain ini mencakup beberapa elemen ilusi mata, antara lain dengan penempatan cermin dan rak penyimpanan terbuka. Ini adalah langkah awal mewujudkan dapur impian Anda.

Dilansir dari Real Simple, Minggu (24/1/2021), berikut beberapa trik desain agar dapur sempit tampak lebih luas.

Baca juga: 5 Pilihan Meja Dapur Sesuai Kebutuhan

1. Cermin

Pernahkah Anda berada di restoran atau bar dan melihat ruangan tampak luas, padahal itu adalah cermin? Dinding yang ditutup cermin dan bila dipadukan dengan cahaya redup akan menciptakan trompe l'oeil alias tipuan mata.

Anda akan berpikir bahwa ada ruang di baliknya, padahal sebenarnya itu adalah refleksi dari ruangan saat ini. Untuk menciptakan efek yang sama di rumah Anda, pertimbangkan untuk memasang seluruh dinding cermin.

Jika dekorasi rumah Anda kurang modern dan lebih terinspirasi vintage, pilihlah cermin bergaya antik dengan bintik-bintik air dan patina.

Belum siap berinvestasi pada cermin dari dinding ke dinding? Anda bisa mendapatkan efek serupa pada skala yang lebih kecil dengan menempatkan cermin secara strategis di sepanjang dinding di belakang wastafel dapur.

Baca juga: 6 Cara agar Dapur Tetap Tertata Rapi

2. Rak terbuka

Jika dapur kecil Anda diisi dengan lemari atas dan bawah, maka akan menutup ruang. Untuk menambah rasa keterbukaan ke seluruh ruangan, pertimbangkan untuk mengganti lemari atas dengan rak terbuka.

Faktanya rak terbuka cocok untuk hampir semua gaya dapur. Untuk rumah modern, pilih rak hitam ramping, dan untuk dapur rumah bergaya klasik dan sederhana, pilih rak kayu dengan warna aslinya.

Anda juga bisa hanya lepaskan bagian depan lemari atas atau ganti dengan bagian depan kaca berpanel baru.

Ilustrasi dapur. UNSPLASH/EDGAR CASTREJON Ilustrasi dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com