Kompas.com - 24/01/2021, 14:35 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/JILL WELLINGTONIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman di rumah bukan berarti hanya tanaman hias. Anda juga bisa menanam sayuran dengan apik di rumah, caranya dengan menanamnya di pot.

Faktanya, menanam sayuran di dalam pot bisa memaksimalkan ruang di halaman rumah. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan pot-pot tersebut ke area yang terkena sinar matahari, sehingga sayuran bisa tumbuh dan berproduksi dengan baik.

Ada banyak jenis sayuran yang cocok dan dapat tumbuh dengan baik saat ditanam di pot. Kuncinya salah satunya adalah memberi pupuk dengan tepat, serta memastikan penyiraman dengan baik karena pot membuat tanah lebih cepat kering.

Baca juga: 5 Tips agar Kamu Bisa Menanam Sayuran di Rumah

Dilansir dari Taste of Home, Minggu (24/1/2021), berikut ini beberapa sayuran yang cocok ditanam di pot.

1. Bawang

Bawang cocok menjadi koleksi di halaman rumah Anda, karena tumbuh dengan baik di tanah maupun di dalam pot. Yang penting bagi tanaman yang mudah tumbuh ini adalah penyiraman.

Bawang membutuhkan tanah yang mudah menyerap sehingga umbinya tidak membusuk. Dengan akar yang pendek, sumber kelembaban yang konsisten adalah hal yang penting bagi umbi bawang untuk tumbuh.

Anda bisa menanam bawang merah, bawang putih, atau bawang bombai di pot.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

Ilustrasi sayuran kale. PIXABAY/BOHDAN CHREPTAK Ilustrasi sayuran kale.

2. Kale

Sayuran hijau bergizi tinggi ini cocok ditanam di pot, meskipun ukuran sayuran ini seringkali bisa sangat besar.

Namun, ada juga beberapa jenis kale yang ukurannya lebih kecil, misalnya kale ripbor dan kale keriting.

Kale lebih menyukai suhu dingin, tetapi dapat didorong untuk terus tumbuh di suhu hangat di halaman rumah jika diletakkan di tempat teduh di sore hari.

Saat memanen sayuran ini, potong daun luar agar bagian dalam tanaman dapat terus mengembangkan daun baru.

Baca juga: Simak, Trik Menyimpan Sayuran dan Buah-buahan di Dapur

3. Kucai

Kucai bisa hidup dan tumbuh lama, jadi Anda hanya perlu membelinya sekali dan merawatnya di pot. Setelah tiga atau empat tahun, kucai perlu diperbanyak, jadi Anda akan mendapatkan tanaman tambahan.

Kucai adalah tanaman sayur yang populer untuk dirawat bersama dengan tanaman hias, karena memiliki bunga berwarna ungu kemerahan. Sayuran ini cukup mudah ditanam di dalam pot.

Ilustrasi sayuran kucai. PIXABAY/SUJU Ilustrasi sayuran kucai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X