Kompas.com - 24/01/2021, 13:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Handuk yang bau dan kasar di kulit tentu tidak nyaman dipakai untuk mengeringkan diri usai mandi. Oleh sebab itu, cermatlah saat mencuci anduk.

Mencuci handuk bukanlah hal yang sulit. Yang perlu Anda lakukan adalah tidak mencuci handuk bersamaan dengan pakaian-pakaian lainnya, sehingga handuk akan terasa bersih, segar, dan nyaman setelah dicuci.

Nah, bagaimana cara mencuci handuk agar terasa bersih dan segar? Dilansir dari Taste of Home, Minggu (24/1/2021), berikut caranya.

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Gantung handuk setelah digunakan

Anda tidak perlu mencuci handuk setiap selesai digunakan. Keringkan handuk dengan cara digantung setelah digunakan.

Selain itu, jauhkan handuk dari lantai dan Anda dapat melakukan setidaknya tiga kali penggunaan sebelum mencuci.

Jangan campur handuk dengan cucian lain

Cuci handuk Anda secara terpisah. Sebab, handuk mandi biasanya cukup bersih, sehingga tidak membutuhkan sabun sebanyak pakaian.

Selain itu, sabun berlebih dapat menumpuk di handuk dan menumpulkan kelembutannya. Sebaiknya, jangan menggunakan pelembut pakaian saat mencuci handuk, karena dapat menciptakan lapisan pada serat handuk dan membuatnya tak bisa menyerap kelembaban dan air.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Handuk Jarang Dicuci

Mesin cuci bersih juga sangat penting dalam mencuci handuk. Sebab, mesin cuci yang kotor akan membuat handuk yang dicuci tidak menjadi bersih pula.

Mencuci handuk

Mulailah dengan siklus air panas (untuk handuk putih) atau siklus hangat (untuk handuk berwarna) dan tambahkan sekitar setengah deterjen yang akan digunakan untuk pakaian.

Untuk membersihkan handuk yang lembab atau menghilangkan pelembut kain dari pencucian sebelumnya, tambahkan setengah hingga satu cangkir cuka putih ke siklus bilas.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.