Cara Menjaga Kain Pel Tetap Bersih dan Higienis

Kompas.com - 24/01/2021, 08:03 WIB
Ilustrasi mengepel lantai. SHUTTERSTOCK/TOMMASO79Ilustrasi mengepel lantai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kain pel adalah alat yang penting untuk menjaga lantai tetap bersih dari lalu lintas berjalan penghuni rumah yang dapat menyebabkan kotoran dan kuman.

Meski efektif untuk membersihkan lantai dari kotoran dan kuman, kamu juga tidak boleh lupa untuk turut menjaga kebersihan dari kain pel itu sendiri, agar membuatnya tetap bersih dan higienis, sehingga aman untuk digunakan di kemudian hari.

Sebab, saat kain pel yang kotor dan tak higienis, itu hanya akan memindahkan kotoran yang ada dari kain pel ke sekitar rumah dan tidak membersihkan lantai dengan sempurna.

Baca juga: Kenapa Lantai Lengket Setelah Dipel? Ini yang Harus Dilakukan

Namun, saat kain pel itu bersih dan teknik mengepel yang dikerjakan seseorang itu baik, maka itu akan secara efektif menghilangkan kotoran dan kuman dari lantai.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara untuk membuat kain pel menjadi bersih dan higienis, dilansir dari beberapa sumber, Minggu (24/1/2021).

1. Bilas kain pel secara menyeluruh setelah digunakan

Setelah selesai mengepel, bilas larutan pembersih dan kotoran dari kain pel sampai kain pel benar-benar bersih.

Jejak kotoran akan menyebarkan kotoran selama penggunaan berikutnya, dan sisa sabun yang tersisa dapat merusak kain pelmu.

Baca juga: Baking Soda Juga Bisa untuk Membersihkan Lantai, Begini Caranya

2. Cuci kain pel

Jika kain pel milikmu bisa dicuci dengan mesin cuci, gunakan mesin cuci untuk membersihkannya. Siklus pencucian lembut dengan air bersuhu terpanas biasanya direkomendasikan.

Jika kain pel tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, buat campuran setengah air, setengah pemutih dalam ember bersih (cukup untuk menutupi kepala pel), dan rendam kain pel selama 15 menit.

Setelah selesai, bilas kembali campuran dari kain pel sampai airnya benar-benar jernih.

Cara lainnya adalah dengan membilas embermu dan isi dengan air panas, semakin panas semakin baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X