Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 04/12/2022, 07:13 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam dan merawat tanaman cabai adalah salah satu kegiatan berkebun yang kini banyak dilakukan orang-orang, agar hemat sekaligus mendapatkan cabai yang lebih segar dengan mudah tanpa harus repot-repot membelinya ke pasar.

Namun, dalam proses memelihara tanaman cabai, terdapat berbagai permasalahan yang menjadi tantangan untuk setiap pemiliknya, salah satunya tanaman yang menjadi layu.

Di musim hujan yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia, curah hujan yang tinggi bisa membuat serangan penyakit pada tanaman menjadi meningkat, termasuk cabai.

Baca juga: Mengapa Tanaman Cabai Menguning dan Rontok? Ini Sebabnya

Ilustrasi tanaman cabai.WIKIMEDIA COMMONS/SREENI.KAKI Ilustrasi tanaman cabai.

Dan salah satunya serangan penyakit pada musim hujan adalah layu. Tanaman cabai yang layu biasanya disebabkan telah terjadinya permasalahan pada akar tanamannya, seperti busuk akar atau jamur.

Jika terjadi gejala tanaman layu, maka segera diobati atau dirawat. Namun, apabila tidak diobati, maka akan menyebabkan kelayuan berkepanjangan bahkan kematian.

Bingung untuk mengatasi masalah satu ini? Jangan khawatir, apabila tanaman cabai di rumahmu menjadi layu, cukup sediakan bawang merah dan bawang putih sebagi cara pengobatannya.

Dikutip dari kanal Youtube Tanaman Rumah, bawang merah dan bawang putih yang dicampur bisa menjadi obat mujarab untuk membuat tanaman cabai yang layu menjadi segar lagi.

Baca juga: Trik Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Lebat

Untuk mengetahui caranya, berikut ini persiapan dan langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com