Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Penyebab Air di Semua Keran Dispenser Menjadi Panas

Kompas.com - 21/01/2021, 13:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menyalakan fitur air panas pada dispenser air, sesekali kamu pasti pernah mendapatkan air dispenser dengan suhu normal dari keran berwarna biru bahkan pada keran air dingin menjadi ikut panas.

Saat hal ini terjadi, mungkin kamu terkejut dan tidak sengaja menyeburkan air yang kamu minum karena suhunya yang cukup panas.

Saat semua air di dispenser yang menjadi panas, tentu membuat pemiliknya merasa bingung dan mungkin mengira dispenser yang mereka miliki telah rusak.

Baca juga: 4 Pilihan Dispenser Galon Bawah, Anti Sakit Pinggang

Padahal air dispenser yang menjadi panas sesekali pada semua kerannya bisa dikatakan bukan sebuah kerusakan yang cukup fatal, namun jika terjadi terus menerus saat menyalakan pemanas air maka telah terjadi kerusakan seutuhnya.

Saat hal satu ini terjadi pada dispenser yang kamu miliki di rumah, tentunya akan menjadi terasa tak nyaman dan mengganggu saat ingin meminum air normal atau dingin di kala haus.

Lantas apa yang menyebabkan air pada seluruh keran dispenser menjadi panas semua?

Dikutip dari akun Youtube Channel Amatiran, Kamis (21/1/2021), telah terjadi kerusakan atau bekerja tidak normal oleh thermostat, yakni alat yang bisa mendeteksi suhu panas.

Baca juga: Keran Dispenser Bocor? Begini Cara Memperbaikinya

Thermostat biasanya merupakan komponen bimetal yang merupakan sebuah alat yang terbuat dari logam dan besi dan berfungsi untuk mendeteksi suhu panas.

Thermostat bimetal berfungsi untuk mendeteksi panas pada tabung pemanas yang ada di dalam dispenser, agar tidak terjadinya panas berlebih.

Thermostat biasanya ada menempel pada tabung, umumnya menempel pada tabung air panas, yang letaknya di dalam dispenser bagian bawah.

Cari saja bentuk bimetal thermostat seperti apa di internet, agar kamu bisa mengetahui bendanya seperti apa dan berada di posisi di mana.

Saat thermostat bimetal rusak atau tidak berfungsi normal lagi, mereka sudah tidak bisa mendeteksi panas yang pada akhirnya elemen memproses air panas secara terus menerus, dan akhirnya air panas sampai ke tabung air di kran yang lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com