4 Trik Membuat Teras Kecil Terasa Lebih Luas

Kompas.com - 21/01/2021, 17:09 WIB
Ilustrasi teras. Dok. IKEAIlustrasi teras.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki lahan terbatas memang harus bekerja lebih ekstra untuk menatanya, entah itu berada di dalam ataupun luar ruangan. Namun, sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk membuat lahan terbatas ini lebih terlihat lebih besar dan luas.

Jika ruang terbatas berada di dalam rumah, pemilihan cat merupakan poin utama untuk memberikan kesan luas dan lapang, serta pemilihan furnitur yang tidak memiliki dimensi yang besar.

Lantas, bagaimana jika lahan terbatas ini berada di luar ruangan seperti teras?

Baca juga: 7 Bunga yang Cocok Digantung di Teras Rumah

Dilansir dari Better Homes & Garden, Kamis (21/1/21) sama halnya dengan mengatasi ruang terbatas di dalam rumah, poin yang harus diperhatikan salah satunya memilih furnitur yang sesuai dengan keadaan luas ruangan. Berkut ulasan singkatnya.

Gunakan cermin

Sama halnya dengan di dalam ruangan, cermin berfungsi untuk memantulkan cahaya sehingga dapat membuat ilusi ruangan terlihat lebih besar. Cara ini juga bisa diterapkan di teras rumah dengan menggantungan cermin di salah satu sisi dinding teras.

Tak hanya memberikan kesan luas, namun penggunaan cermin bisa menambah kecantikan teras rumah.

Pilih cermin yang memiliki sedikit dekorasi pada bingkainya dan sesuaikan dengan tema dekorasi rumah Anda.

Baca juga: Panduan Memilih Cermin di Rumah Menurut Feng Shui

Tanaman tinggi

Menambahkan satu atau dua tanaman tinggi atau sukulen akan menarik perhatian dan membuat ruangan kecil lebih terasa luas. Anda bisa menambahkan pohon cedar kecil, atau tanaman tropis lainnya yang bisa diletakkan di siudut-sudut teras.

Namun yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu banyak meletakkan tanaman agar tidak membuat ruangan semakin penuh dan sempit.

Pilih furnitur skala kecil

Jangan sampai ruangan kecil Anda terasa sempit dengan menggunakan furnitur outdoor yang terlalu besar. Menambahkan kursi skala kecil dan meja tidak hanya akan menambah ruang untuk arus lalu lintas tetapi juga akan membuat teras terasa lebih besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X