Kompas.com - 24/01/2021, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMAS.com - Saat berada di rumah, apakah kamu mengalami batuk, bersin, gatal, mata berair, dan gejala lain yang terus menerus mengganggu? Jika iya, kamu mungkin menderita alergi.

Tidaklah mudah untuk hidup dengan gejala-gejala alergi yang menjengkelkan ini, dan mereka juga dapat sangat menghambat kualitas hidup seseorang.

Banyak orang yang alergi terhadap berbagai hal. Terkadang sangat sulit untuk menentukan apa penyebab utama dari gejala alergi tersebut.

Baca juga: 8 Cara Mudah agar Rumah Bebas Debu

Namun, tahukah kamu bahwa mungkin saja ada banyak agen penyebab alergi yang muncul di rumah? Mereka bisa menjadi alasan serangan alergi padamu yang terus-menerus terjadi.

Jadi, sangat penting untuk mengambil beberapa langkah untuk menjaga rumahmu bebas dari alergen dan memastikan bahwa kamu dan keluargamu tetap aman dan sehat.

Berikut ini beberapa tindakan untuk membuat rumahmu bebas dari hal yang memicu alergi, dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (23/1/2021).

1. Singkirkan kekacauan

Penting untuk menjaga rumahmu bebas dari kekacauan. Singkirkan hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Debu pada Layar TV

Jagalah agar perlengkapan rumah tangga tetap teratur, sehingga tidak mungkin zat penyebab alergi menumpuk. Rumah yang bersih berarti penghuni yang sehat!

2. Bersihkan tirai atau gorden

Tirai dan gorden dapat memberi ruang bagi banyak debu dan penumpukan tungau, sehingga alergen (pemicu alergi) dapat berkembang biak.

Pastikan kamu membersihkannya secara teratur. Jika kamu tidak punya waktu untuk membersihkannya secara teratur, lepas saja tirai yang menggantung.

3. Bersihkan kasur dan sofa

Ada banyak tungau debu dan bakteri mikroskopis yang ditemukan di kasur dan sofa yang kamu miliki yang diketahui menjadi penyebab utama alergi umum.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.