Kompas.com - 24/01/2021, 09:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam cara mengusir hama pada tanaman. Produk insektisida kimia banyak dijual di pasaran, namun Anda bisa mengambil opsi yang lebih ramah lingkungan.

Sebab, beberapa bahan alami terbukti dapat membasmi hama pada tanaman Anda. Salah satunya adalah bawang putih.

Dilansir dari Den Garden, Minggu (24/1/2021), senyawa belerang aktif dalam bawang putih tidak hanya bertindak sebagai pestisida yang ampuh, tetapi juga menghilangkan jamur dan menghalangi hama yang akan tumbuh.

Baca juga: Cegah Hama Kutu Putih Menyerang Tanaman dengan Puntung Rokok

Yang terbaik dari semuanya, Anda akan dapat membebaskan tanaman dari hama tanpa meninggalkan bahan kimia atau residu berbahaya. Caranya adalah dengan membuat "teh bawang putih" alias pestisida cair dari bawang putih.

Semprotan air bawang putih buatan sendiri memiliki banyak kegunaan dan bisa diaplikasikan pada sayuran, buah, hias, dan tanaman dalam ruangan.

Jika digunakan sebagai semprotan daun, air bawang putih efektif membasmi kutu daun, kumbang kentang, lalat putih, kumbang kacang, cacing kubis, tungau laba-laba, ngengat, semut, dan rayap.

Kemudian, apabila digunakan sebagai perawatan tanah, air bawang putih adalah pengobatan yang diakui untuk membasmi nematoda dan agas jamur.

Baca juga: Basmi Hama Kutu Putih dengan Air Sabun Cuci Piring

Senyawa belerang aktif pada bawang putih pun akan menghentikan berbagai infestasi jamur dan lumut. Bila digunakan dalam kombinasi dengan cabai, bawang putih bekerja dengan baik sebagai pencegah tikus, kelinci, dan binatang perusak tanaman lainnya.

Cara membuat pestisida alami dari air bawang putih

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Wadah untuk air.
  • 1 buah bawang putih.
  • 2 gelas air.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Den Garden
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.