Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanaman Sayuran Ini Cocok Ditanam di Pot, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman di rumah bukan berarti hanya tanaman hias. Anda juga bisa menanam sayuran dengan apik di rumah, caranya dengan menanamnya di pot.

Faktanya, menanam sayuran di dalam pot bisa memaksimalkan ruang di halaman rumah. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan pot-pot tersebut ke area yang terkena sinar matahari, sehingga sayuran bisa tumbuh dan berproduksi dengan baik.

Ada banyak jenis sayuran yang cocok dan dapat tumbuh dengan baik saat ditanam di pot. Kuncinya salah satunya adalah memberi pupuk dengan tepat, serta memastikan penyiraman dengan baik karena pot membuat tanah lebih cepat kering.

Dilansir dari Taste of Home, Minggu (24/1/2021), berikut ini beberapa sayuran yang cocok ditanam di pot.

1. Bawang

Bawang cocok menjadi koleksi di halaman rumah Anda, karena tumbuh dengan baik di tanah maupun di dalam pot. Yang penting bagi tanaman yang mudah tumbuh ini adalah penyiraman.

Bawang membutuhkan tanah yang mudah menyerap sehingga umbinya tidak membusuk. Dengan akar yang pendek, sumber kelembaban yang konsisten adalah hal yang penting bagi umbi bawang untuk tumbuh.

Anda bisa menanam bawang merah, bawang putih, atau bawang bombai di pot.

2. Kale

Sayuran hijau bergizi tinggi ini cocok ditanam di pot, meskipun ukuran sayuran ini seringkali bisa sangat besar.

Namun, ada juga beberapa jenis kale yang ukurannya lebih kecil, misalnya kale ripbor dan kale keriting.

Kale lebih menyukai suhu dingin, tetapi dapat didorong untuk terus tumbuh di suhu hangat di halaman rumah jika diletakkan di tempat teduh di sore hari.

Saat memanen sayuran ini, potong daun luar agar bagian dalam tanaman dapat terus mengembangkan daun baru.

3. Kucai

Kucai bisa hidup dan tumbuh lama, jadi Anda hanya perlu membelinya sekali dan merawatnya di pot. Setelah tiga atau empat tahun, kucai perlu diperbanyak, jadi Anda akan mendapatkan tanaman tambahan.

Kucai adalah tanaman sayur yang populer untuk dirawat bersama dengan tanaman hias, karena memiliki bunga berwarna ungu kemerahan. Sayuran ini cukup mudah ditanam di dalam pot.


4. Tomat ceri

Tomat ceri adalah salah satu sayuran yang bisa Anda tanam hampir di mana pun, yang penting ada tanah, sinar matahari, dan air. Itu juga berlaku untuk pot, termasuk pot gantung.

Pastikan tanaman tomat ceri disiram secara merata untuk menghindari keretakan saat musim kemarau.

5. Radish

Sayuran keluarga lobak ini matang hanya dalam sebulan. Radish juga lebih menyukai suhu yang lebih dingin.

Ini membuat radish menjadi tanaman yang cocok ditanam di pot saat cuaca sejuk.

6. Cabai

Cabai mudah dipelihara, selama suhu di sekitarnya tetap di bawah 32 derajat celsius. Cabai bisa terus tumbuh dalam cuaca yang lebih panas, tetapi akan menjatuhkan bunganya tanpa menghasilkan buah.

Ketika cabai menghasilkan buah, warnanya yang cerah dan bentuknya yang menarik membuat mereka cukup menjadi tanaman hias. Saat memanen, kenakan sarung tangan atau cuci tangan setelah menangani untuk menghindari iritasi pada mata.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/24/143500376/6-tanaman-sayuran-ini-cocok-ditanam-di-pot-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke