Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Zona di Dapur agar Memasak Lebih Nyaman

Kompas.com - 11/01/2021, 17:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti area ruangan lainnya di dalam rumah, dapur juga harus dibuat nyaman.

Kenyamanan ini bisa didapat dari keadaan dapur yang bersih, rapi, dan memiliki pembagian zona yang jelas sehingga dapat memudahkan saat kegiatan memasak.

Dilansir dari The Kitchn, Senin (11/1/2021), ada lima zona dasar yang perlu dipikirkan atau dibuat di dalam dapur, yakni sebagai berikut. 

Baca juga: Lemari Dapur Penuh? Periksa 5 Hal Ini

Zona habis pakai: Area yang digunakan untuk menyimpan sebagian besar makanan. Ini sebenarnya dapat dibagi menjadi dua zona yaitu untuk lemari es atau kulkas (makanan segar), dan lemari makanan (barang kering, minyak, dan sebagainya).

Zona non- bahan habis pakai: Area yang digunakan untuk menyimpan hidang sehari-hari termasuk piring, mangkuk, gelas, dan peralatan makan dari perak.

Zona pembersihan: Area yang berisi wastafel.

Zona persiapan: Area tempat sebagian besar persiapan dapur Anda dilakukan seperti meja makan.

Zona memasak: Area yang berisi kompor, oven, atau kompor, dan mungkin microwave.
Kebanyakan dapur dapat dibagi menjadi beberapa area ini.

Bahkan jika Anda memiliki dapur apartemen kecil, Anda mungkin masih memiliki hal-hal penting seperti lemari es (zona bahan habis pakai), beberapa lemari (zona non-habis pakai), wastafel (zona pembersihan), sedikit ruang meja (zona persiapan), dan kompor (zona memasak).

Baca juga: Trik Membersihkan Area Wastafel Dapur Lebih Cepat

Simpan Item Sedekat dengan Zona Terkaitnya

Tujuan membagi dapur menjadi beberapa zona adalah agar dapat menyimpan barang di tempat yang tepat serta meningkatkan dan mempermudah saat memasak.

Misalnya, pisau mangkuk, talenan, rempah-rempag dan peralatan persiapan lainnya harus disimpan di zona persiapan. Peralatan memasak panci, wajan, harus disimpan dekat kompor atau zona memasak.

Sementara itu, piring harus ditempatkan tepat di sebelah area pembersihan atau dekat dengan wastafel. Sehingga ketika alat makan selesai dicuci bisa dimasukkan ke tempat penyimpanan piring.

Salah satu hal terpenting dalam menyiapkan dapur adalah memiliki ruang counter yang cukup di dekat kompor. Idealnya, Anda tidak perlu melangkah lagi untuk memasukkan makanan yang sudah disiapkan ke dalam panci di atas kompor atau oven.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com